Penuh Keseruan, Festival LIKE Dimeriahkan Banyak Booth Edukatif dan Seru

Sabtu, 16 September 2023 Sekretariat Ditjen KSDAE

Jakarta, 16 September 2023. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Festival LIKE dalam rangka Road to COP28 di Dubai. Festival LIKE (Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan EBT) menjadi ajang untuk menunjukkan hasil nyata dari kerja-kerja lingkungan hidup. Festival yang diselenggarakan di Indonesia Arena ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Sabtu (16/09/2023) hingga Senin (18/09/2023). 


Di hari pertama, Sabtu (18/09/2023), pembukaan Festival LIKE dihadiri oleh Menteri LHK, Menteri Sekretariat Negara, Menteri Koperasi dan UMKM, Kepala BRGM, Wakil Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri LHK, Duta Besar AS, Duta Besar Norwegia, serta Sekretaris Jenderal LHK dan jajaran KLHK lainnya.


Menteri Sekretariat Negara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival LIKE bisa menjadi momentum yang baik untuk menerapkan sustainability dan iklim berusaha yang berkelanjutan. 


“Di festival ini, kita bisa menyaksikan hasil kerja nyata di bidang lingkungan dalam dua tahun ke belakang, utamanya dari kementerian/lembaga dan perusahaan yang berkomitmen untuk menciptakan iklim berusaha yang berkelanjutan,” jelas Mensetneg.


Dalam pembukaan ini juga dilangsungkan peluncuran Perizinan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan penandatangan MoU dengan mitra dan pihak yang berkaitan dengan kerja sama pengelolaan lingkungan. 


Selain itu, diadakan juga dialog bersama Menteri LHK dengan pelaku pengepul sampah dari enam lokasi Tangerang, Cibitung, Cakung, Jakarta, Gresik dan Jombang, lewat video conference. Lewat video conference tersebut, Menteri LHK memuji kinerja pelaku pengepul sampah. Salah satu yang menjadi perhatian adalah lokasi pengepul sampah yang berada di Surabaya. 


“Organisasi ini dibangun perempuan yang peduli lingkungan hidup 2010 lalu. Kini ada 200 bank sampah yang dikelola dari hasil pengumpulan sampah dari Surabaya, Gresik, Pasuruan, dan Jembrana Bali,” jelas Menteri LHK.


Tidak hanya memberikan apresiasi pada pelaku pengepul sampah ini, Menteri LHK juga menanyakan bagaimana teknis operasional di masing-masing lokasi. Setelah dibuka, rombongan Menteri berkeliling ke booth yang terbagi menjadi empat Zona, Zona Biru, Zona Ungu, Zona Hijau dan Zona Kuning.


Di setiap booth pameran Festival LIKE yang pertama ini, ada banyak kegiatan edukatif dan seru. Direktorat Jenderal KSDAE juga ikut berpartisipasi dalam Festival LIKE ini. Booth KSDAE berada di Zona Ungu Lantai 2 Indonesia Arena, GBK. Di booth KSDAE ada banyak kegiatan edukatif dan seru seperti face painting, mengukir dan membatik patung badak, kuis berhadiah dan dan booth kopi. Tidak hanya itu, Minggu (17/09/2023) juga ada kegiatan seller meet buyer, coaching clinic dan talkshow dengan tema Kemitraan Konservasi yang Berkeadilan, Berkelanjutan, Bersejahteraan dan Ramah Iklim.



Sumber: Setditjen KSDAE

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini