Evakuasi Pendaki di Jalur Timbanuh TN Gunung Rinjani

Jumat, 15 September 2023 BTN Gunung Rinjani

Mataram, 15 September 2023. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mengevakuasi pendaki yang meninggal diduga hiportemia di cemara nunggal, TN Gunung Rinjani, Selasa (12/9), pukul. 10.00 WITA. Korban sempat mengalami kejang-kejang dan kedinginan sebelum menghembuskan nafas terakhir. Dari hasil pemeriksaan medis di Puskesmas Pengadangan, tidak ditemukan adanya tanda kekerasan dan murni akibat kelelahan.

Korban yang diketahui berusia 42 tahun, Senin (11/9), mendaki Gunung Rinjani bersama 4 rekannya melalui jalur timbanuh melewati jalur tidak resmi di Dasan Lekong dan  menginap di cemara nunggal sebelum menuju pelawangan. Karena korban mulai kedinginan kemudian dibawa rekannya menuju Pos 4, Selasa (12/9). Setelah mengetahui korban meninggal dunia, rekan korban berkoordinasi dengan Kepala Desa Timbanuh untuk dilaporkan pada petugas Balai TNGR, Resort Timbanuh. Korban berhasil dievakuasi dan sampai di kantor Resort Timbanuh pada tanggal 13 September 2023 pukul 00.22 WITA.


Balai TNGR memberikan apresiasi kepada pihak  terkait yang turut membantu proses evakuasi korban seperti Koramil Masbagik, Polsek Pringgasela, Unit SAR Lotim, Ambulan Misi Kemanusiaan Pancor, BPBD Lotim, Kepala Desa Timbanuh dan Kepala Desa Rempung.

Perlu diperhatikan, jika ingin berkunjung ke kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, mari selalu patuhi peraturan yang berlaku dan menggunakan jalur resmi wisata pendakian demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan kita semua.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini