Tuntong Laut Diserahkan Warga Desa Tanjung Ibus

Rabu, 16 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Desa Tanjung Ibus, 18 Agustus 2023. Berawal dari informasi warga tentang adanya penemuan satwa liar jenis Tuntong Laut (Batagur borneoensis) pada Senin, 14 Agustus 2023. Keesokan harinya, Selasa 15 Agustus 2023, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat bersama dengan lembaga mitra Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI) menemui warga tersebut. Adalah M. Aliandi Saputrayang, warga Jalan Dusun XIII Mekah Pematang Buluh, Desa Tanjung Ibus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, yang juga anggota salah satu kelompok tani hutan (KTH) binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, menemukan satwa liar tersebut di parit di belakang rumahnya dan ingin menyerahkannya kepada petugas.

Berdasarkan hasil pengecekan Tim YSLI, Tuntong Laut yang berjenis kelamin betina, dalam kondisi sehat (tidak ada luka dan tidak ada kail yang berada di tubuhnya). Karena hasil observasi  menunjukan bahwa satwa dalam kondisi sehat dan agresif, Tim memutuskan menitipkannya di kolam pembesaran Tuntong Laut di Desa Selotong, guna menjalani perawatan dan rehabilitasi. Sebelum dimasukan kedalam kolam pembesaran, dilakukan penandaan microchip dengan nomor tagging 84366DA.

Sumber : Adi Maulana (Polisi Kehutanan Mahir) dan Rizki Pramana Putra (Polisi Kehutanan Pemula) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini