Warga Medan Marelan Serahkan Monyet Ekor Panjang

Rabu, 16 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 18 Agustus 2023. Lagi warga menyerahkan 1 (satu) ekor  Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Pelabuhan Belawan pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. Kali ini Gambang Susanto, warga  Jalan Marelan IV, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, yang menyerahkannya pada Rabu 16 Agustus 2023. 

Penyerahan ini berawal dari adanya laporan petugas Dinas Pemadan Kebakaran Kota Medan kepada petugas Resort Pelabuhan Belawan tentang adanya warga yang ingin  menyerahkan monyet ekor panjang  kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Menindaklanjutinya, petugas Resort Pelabuhan Belawan bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia menyambangi lokasi dan bertemu dengan pemilik satwa, Gambang Susanto, yang menuturkan bahwa monyet tersebut sudah dipelihara selama 4  tahun. Dikarenakan sering lepas dari kandangnya, Gambang khawatir dikemudian hari satwa ini akan menyerang manusia. 

Dengan alasan itu, Gambang berinisiatif untuk menyerahkannya kepada petugas. Tidak menunggu waktu lama, monyet berkelamin jantan ini segera dievakuasi oleh petugas dan menitipkannya di Yayasan Scorpion Indonesia untuk dilakukan periksaan kesehatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan di habitat alaminya.

Sumber : Joni Agustinus Pasaribu, SP. (Polhut Muda) dan Fuad Khalil Harahap, S.Hut. (Polhut Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini