Warga Desa Silima Kuta Serahkan Kukang

Selasa, 15 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Desa Silima Kuta, 15 Agustus 2023. Di momen peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun ini, Sondang Berasa, warga jl. Kuta Kersik Singgabur, Desa Silima Kuta, Kecamatan Sitelu Tali Urang Julu, Kabupaten Pakpak Bharat, menyerahkan 1 (satu) individu Kukang (Nycticebus coucang) kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, pada Senin 14 Agustus 2023.

Dalam keterangannya kepada petugas, Sondang Berasa menjelaskan, pada awalnya Kukang tersebut  ditemukan di jalan pada malam hari dan sudah dipeliharanya sekitar 1 bulan. Sondang Berasa tidak tahu jika Kukang ini merupakan salah satu jenis  satwa yang dilindungi undang undang. Saat mau diserahkan kepada temannya, karena merasa bosan dan kesulitan dalam pemberian pakannya,  temannya menjelaskan bahwa satwa tersebut merupakan satwa dilindungi. Kemudian Sondang dan temannya sepakat untuk menyerahkan Kukang kepada instansi pemerintah yang bergerak dibidang konservasi satwa liar. Lalu mereka menghubungi salah satu petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang dijalin komunikasi sampai akhirnya pada Senin 14 Agustus 2023, dilakukan penyerahan satwa liar tersebut ke petugas Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang.  

Setelah melihat kondisi fisik Kukang dalam keadaan sehat, petugas kemudian mengevakuasi satwa tersebut dan menitipkannya ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk menjalani perawatan dan rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

Sumber : Marihot Solin (TPHL Resort Siranggas) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara 


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini