Gajah TWA Holiday Resort Semarakkan HUT Labusel Ke 15

Selasa, 15 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Kota Pinang, 15 Agustus 2023. Memperingati Hari Ulang Tahun (Hari Jadi) Kabupaten Labuhan Batu Selatan Ke 15 sekaligus rangkaian memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 78, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhan Batu Selatan mengadakan kegiatan pameran pembangunan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui  Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan Manggala Agni Daops Sumatera III mendapat undangan kehormatan berpartisipasi dalam kegiatan pameran tersebut. 

Momen spesial ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang, pada Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, bukan hanya mengisi stand pameran dengan berbagai informasi berkaitan kawasan konservasi, khususnya TWA Holiday Resort dan juga informasi tentang keanekaragaman hayati, tetapi yang juga tak kalah menariknya adalah unjuk kemampuan gajah terlatih dari TWA Holiday Resort, Merry serta Nur Halimah, dalam  melakukan  pengalungan karangan bunga kepada Bupati dan Wakil Bupati Labuhan Batu Selatan, pada Minggu 13 Agustus 2023. Kebolehan kedua gajah menjalankan tugas pengalungan bunga tersebut mendapat apresiasi dan decak kagum dari Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda Labuhan Batu Selatan, serta  seluruh pengunjung yang hadir pada saat itu. 

Kehadiran satwa liar yang dilindungi undang-undang ini di giat pameran pembangunan, dimanfaatkan juga oleh petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan edukasi pengenalan satwa gajah serta perlunya melindungi dan melestarikan bukan hanya satwanya saja, tetapi juga habitat dari gajah tersebut. Sosialisasi dan edukasi ini dikaitkan pula dengan momentum peringatan Hari Gajah Sedunia yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 12 Agustus. Peringatan Hari Gajah Sedunia bertujuan untuk memberi tahu dunia bahwa kelangsungan hidup gajah terutama di Asia dan Afrika sudah terancam punah, sehingga dengan adanya Hari Gajah Sedunia diharapkan kepedulian masyarakat semakin meningkat.

Melihat respon yang luar biasa dari pengunjung stand pameran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menjadi catatan tersendiri bagi penyelenggara untuk mengagendakan kegiatan yang sama di tahun-tahun mendatang serta meningkatkan kuantitas dan kualitas dari materi pameran, sehingga pengunjung sepulangnya dari  menyaksikan pameran akan mendapat manfaat ganda berupa informasi, pengetahuan serta inspirasi agar giat melakukan upaya konservasi alam di lingkungannya.

Sumber : Suyono, SH., M.Si. (Kepala SKW VI Kota Pinang) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


  


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini