BBKSDA Sumatera Utara Evakuasi Buaya Yang Diamankan Warga

Senin, 14 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Tapian Nauli, 14 Agustus 2023. Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Konservasi Wilayah Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinang Sori, pada Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, menerima laporan dari Camat Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah tentang adanya warga yang telah mengamankan 1 (satu) ekor buaya di lokasi sungai Poriaha Lingkungan I, Kelurahan Tapian Nauli II, Selasa (8/8).

Menindaklanjuti laporan, petugas Resort Konservasi Wilayah Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinang Sori bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Center (YOSL-OIC) menyambangi lokasi dan berkoordinasi dengan Camat Tapian Nauli, Babinsa serta pemerintahan Kelurahan Tapian Nauli II. Dari keterangan warga, Berto Hutagalung, yang berprofesi sebagai nelayan, satwa buaya tersebut masuk dalam perangkap ikan (bolak) miliknya yang dipasang di pinggir sungai Poriaha.

Usai menerima penjelasan, petugas memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga yang telah berkumpul, bahwa Buaya Muara (Crocodylus porosus) termasuk jenis satwa yang dilindungi undang-undang sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam hayati dan Ekosistemnya, Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang Dilindungi. Petugas juga menghimbau warga untuk tetap  waspada dalam melaksanakan aktivitas terutama di sekitar sungai, dan bila menemukan kembali keberadaan satwa buaya, agar segera melaporkannya kepada petugas.

Usai sosialisasi, petugas segera mengevakuasi dan menitipkan buaya yang berjenis kelamin jantan, dewasa, panjang berukuran 2,6 meter dan berat 290 kg, ke penangkaran buaya mitra Balai Besar KSDA Sumatera Utara, UD. Alian Ruswan di Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara.

Sumber : Lantas Hutagalung (Kepala Resort Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori) dan Duhuso Zendrato (PEH Pemula) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara




Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.7

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini