Global Tiger Day, Si Belang Menampakkan Diri

Kamis, 10 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Kotanopan, 9 Agustus 2023. Kemunculan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), di Desa Gunung Tua Muara Soro, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, pada Jumat, 28 Juli 2023 yang lalu menjadi catatan khusus, mengingat tanggal 29 Juli setiap tahunnya merupakan momen penting memperingati Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day).

Kala itu si raja hutan bukan hanya meninggalkan jejak tetapi juga sempat memangsa 2 (dua)  ekor lembu peliharaan warga. Petugas dihebohkan dengan kehadirannya. Tim gabungan yang melibatkan banyak pihak, seperti Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, Balai Taman Nasional Batang Gadis, Camat Kotanopan, Babinsa Koramil 14/Kotanopan, Polsek Kotanopan, Kepala Desa Gunung Tua Muara Soro beserta jajarannya serta warga sekitar desa bekerja keras dan berkolaborasi untuk menangani apa yang disebut dengan interaksi negatif.  

Langkah-langkah mitigasi pun ditempuh dan dilakukan, mulai dari observasi lokasi penemuan jejak serta bangkai ternak lembu yang ditinggalkan harimau, pemasangan kamera trap, pemasangan kandang jebak beserta dengan umpannya sampai kepada kegiatan patroli untuk mengawasi dan memantau keberadaan harimau. Semua upaya ini dilakukan semata-mata untuk menghindari jatuhnya korban dari pihak warga maupun satwa liar harimau, akibat dari interaksi negatif tersebut. Warga harus dilindungi dari aktivitasnya dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari melalui kegiatan berkebun dan berladang, sedangkan tidak kalah pentingnya, harimau juga harus diselamatkan dari aktivitas perburuan dan pembunuhan.

 

Jejak ditemukan, kamera trap memperlihatkan penampakannya, namun  si raja hutan tak kunjung juga memasuki kandang jebak untuk menyantap umpan kambing yang disediakan, sampai akhirnya si harimau tidak muncul lagi. Seperti kata-kata orangtua : “Datang tak diundang, Pulang tak diantar”, begitulah si harimau pun pergi mengembara entah kemana, menapakkan kaki menjelajahi hutan rimba dan sekali sekali menyinggahi permukiman warga.

Kehadirannya dimomen Global Tiger Day 2023 sejatinya untuk mengingatkan kita kembali, sudah sejauhmana kepedulian kita terhadap nasib satwa liar ini yang masih mengalami ancaman perburuan, korban jerat serta fragmentasi habitat. Bila hal ini dibiarkan terus dan tidak ada penanganan yang serius serta menyeluruh, maka interaksi negatif pun tidak dapat dihindarkan. Akibatnya sudah pasti akan merugikan kedua belah pihak baik warga maupun harimau. Selain itu program pembangunan di daerah yang masih kerap terjadi interaksi negatif antara warga dengan satwa liar, tentunya juga akan menghadapi kendala. Oleh karena itu melalui kemunculan harimau di Desa Gunung Tua Muara Soro, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, pada momen global tiger day mengingatkan dan menyadarkan kita semua untuk merefleksi ulang serta meningkatkan kepedulian terhadap usaha dan upaya konservasi harimau. Masyarakat memang harus hidup tenang dan sejahtera, namun satwa liar pun juga punya hak yang sama untuk dijaga dan dipertahankan kelestariannya. 

Sumber : Parta Basmely (Polhut Mahir) dan Evansus Renandi Manalu (Analis Tata Usaha) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara









Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini