Tim Medis Berhasil Operasi Ankle Arhtrodesis Orangutan

Senin, 07 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 7 Agustus 2023 - Pada Selasa 1 Agustus 2023, telah dilakukan operasi amputasi dan perbaikan tulang kaki (Ankle Arhtrodesis)  satwa liar jenis Orangutan Sumatera (Pongo abelii) yaitu orangutan Maret, di Pusat Karantina Orangutan Batu Mbelin-SOCP di Sibolangit. Orangutan Maret merupakan satwa rehabilitant yang berasal dari  Balai KSDA Aceh yang dirawat di SOCP sejak Maret 2023 dengan kondisi kaki kanan yang terluka diduga akibat terjerat sling jebak babi hutan. Maret  berusia sekitar 15 tahun, berjenis kelamin Jantan. 

Operasi dimulai pukul 11.02 Wib, Tim vet yang bertugas sebagai operator operasi Drh. Yenny, drh. Aisyah, drh. Yusron didampingi drh. Sheila Zakia dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Selama pelaksanaan operasi Tim medis didampingi  Dr. Andreas Mersikommer (dokter spesialis ortophedi) sebagai pengarah jalannya operasi. Tindakan Operasi Ankle Arhtrodesis, yaitu menghilangkan mobilisasi telapak kaki dilakukan setelah hasil obersevasi ditemukan adanya kerusakan tendon Achilles dan juga kelainan tulang (osteomalasia) pada os metatarsal dan tarsal, sehingga pasca operasi diharapkan orangutan dapat menggunakan kaki nya untuk menumpu dan sebagai pijakan pada saat orangutan memanjat pohon. 

Operasi selesai pada pukul 16.06 Wib, dan orangutan kembali normal pada pukul 19.00 Wib. Pada pengamatan tanggal 3 Agustus 2023, orangutan Maret sudah beraktifitas baik, makan banyak, namun kaki masih dipasang bandage keras selama 6 minggu ke depan untuk melindungi luka bekas operasi dan menunggu pertumbuhan tulang kembali. Semoga Maret segera pulih usai operasi, agar nanti dapat kembali ke habitatnya.


Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Soso. MH. (Kepala SKW II Stabat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini