Orangutan Sambangi Kebun Durian Warga di Tangkahan

Senin, 07 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Tangkahan, 7 Agustus 2023 - Bermula dari adanya laporan warga Dusun Kuala Gemoh,  Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat tentang penampakan Orangutan Sumatera (Pongo abelii) yang memasuki areal kebun warga di lokasi jembatan pondok mega Tangkahan. Khawatir akan terjadi interaksi negatif,  warga memohon untuk dilakukan penanganan. 

Menindaklanjuti laporan dari warga tersebut, pada tanggal 3-4 Agustus 2023, dilakukan upaya penanganan (mitigasi) bersama Tim gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC). Pada saat dilakukan monitoring, lokasi yang dilaporkan merupakan perladangan warga yang banyak ditumbuhi pohon durian, yang berbatasan langsung dengan Kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Jarak terdekat ke hutan TNGL 50 meter. Pada saat ini durian sedang berbuah yang memancing orangutan  memasuki areal perladangan. Interaksi negatif di kawasan ini merupakan kejadian rutin setiap musim buah.

Berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SK.6609/MenLHK/ PKTL/PLH/X/2021 tentang Peta Perkembangan Kawasan Hutan Propinsi Sumatera Utara, lokasi konflik berada di dalam Kawasan Hutan Lindung yang telah dikonversi menjadi kebun masyarakat.

Dalam kegiatan monitoring, tidak ditemukan satwa orangutan di sekitar lokasi, namun ditemukan beberapa sarang orangutan. Selanjutnya Tim melakukan sosialisasi dan menyerahkan mercon/petasan kepada warga untuk melakukan penanganan awal. Tim juga melakukan penjagaan di lokasi. Keesokan harinya Tim menyaksikan keberadaan 1 (satu) individu orangutan yang berada di kebun warga, Tim kemudian melakukan penghalauan dengan menggunakan petasan kea rah kawasan TNGL. Pemantauan lanjutan akan dilakukan oleh petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser.


Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH. (Kepala SKW II Stabat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini