Warga Serahkan Beruk Melalui Dinas Damkar Tebing Tinggi

Senin, 07 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Tebing Tinggi, 7 Agustus 2023 - Pada Rabu 2 Agustus 2023, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui  Resort Pelabuhan Belawan, pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, menerima laporan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tebing Tinggi tentang adanya warga Kota Tebing Tinggi yang ingin menyerahkan satwa liar jenis  Beruk (Macaca nemestrina) kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara. 

Menindaklanjuti laporan tersebut Petugas Resort Pelabuhan Belawan bersama dengan lembaga mitra kerjasama  Yayasan Scorpion Indonesia dan didampingi petugas  Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tebing Tinggi menyambangi lokasi yang berada di Toko Jaya Profil, milik Sutanto, beralamat di Jalan Soekarno - Hatta, Kelurahan Tambangan, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi. Dari keterangan pegawai toko, beruk tersebut yang  berusia 4 tahun, berkelamin jantan, sebelumnya dipelihara oleh pemiliknya sejak kecil. Satwa liar ini sempat terlepas dari kandangnya, dan menimbulkan kekhawatiran pemiliknya dapat mengganggu warga sekitar sehingga menimbulkan masalah dikemudian hari. Oleh karena itu, pemiliknya berinisiatif ingin menyerahkan beruk tersebut ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara. 


Proses evakuasi beruk dibantu oleh petugas Dinas Damkar Kota Tebing Tinggi, dan selanjutnya dipindahkan ke kandang transit. Tidak menunggu waktu lama, beruk pun kemudian  dievakuasi dan dititipkan di Yayasan Scorpion Indonesia, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan di habitat aslinya. Apresiasi dan penghargaan disampaikan kepada petugas  Dinas Damkar Kota Tebing Tinggi yang telah membantu proses evakuasi satwa beruk tersebut. Kedepannya kerjasama yang baik ini diharapkan dapat terus dijalin dan ditingkatkan.

 

Sumber : Joni Agustinus Pasaribu, SP. (Polhut Muda) dan Fuad Khalil Harahap, S.Hut. (Polhut Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini