Dinas Damkar Kota Medan Serahkan Monyet Ekor Panjang

Senin, 24 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 24 Juli 2023 - Bermula adanya laporan dari petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Medan kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Pelabuhan Belawan, pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, tentang adanya 1 (satu) ekor Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) yang akan diserahkan ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara, pada Rabu 19 Juli 2023.

Menindak Lanjuti laporan tersebut, petugas Resort Pelabuhan Belawan bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia segera menyambangi kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan yang berada di Kecamatan Medan Tuntungan. Dalam keterangannya kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara, disampaikan bahwa satwa liar dimaksud sebelumnya dievakuasi oleh Tim Dinas Damkar Kota Medan, Joni P. Simarmata (Wakaru) dan kawan-kawan, dari pemukiman warga di jln. A.H. Nasution Simpang Luku I, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Karena dikhawatirkan akan mengganggu warga sekitar, akhirnya monyet dewasa berkelamin jantan tersebut diamankan petugas.

Usai menandatangani berita acara serah terima, petugas Balai besar KSDA Sumatera Utara  mengevakuasi monyet ekor panjang  dan menitipkannya di Yayasan Scorpion Indonesia, guna dilakukan periksaan kesehatan serta rehabilitasi sebelum nantinya  dilepasliarkan ke habitat alaminya. 


Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Joni Agustinus Pasaribu, SP. (Polhut Muda) dan Fuad Khalil Harahap, S.Hut. (Polhut Pertama)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 2

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini