Upaya Pencegahan Karhutla di Provinsi Kal-Tim Melalui Fasilitasi Pembentukan MPA di TN Kutai

Selasa, 15 Agustus 2017

Bontang, 15 Agustus 2017. Balai Taman Nasional Kutai bekerjasama dengan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan melaksanakan kegiatan fasilitasi pembentukan dan pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA). Kegiatan tersebut melibatkan masyarakat dari 3 Kabupaten/Kota yang terdiri dari 6 desa rawan karhutla yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara (Desa Makarti), Kota Bontang (Kelurahan Bontang Lestari) dan Kabupaten Kutai Timur (Desa Teluk Pandan, Desa Sangkima, Desa Sangatta Selatan, dan Desa Mukti Jaya). Keseluruhan peserta berjumlah 30 orang.

Dalam sambutannya Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut., M.Sc selaku Kepala Balai Taman Nasional Kutai menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam mencegah kebakaran hutan, dimana masyarakat yang tergabung dalam MPA menjadi motor penggerak di daerah mereka masing-masing terutama dalam hal yang berkaitan dengan penanganan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Selain itu diharapkan kemampuan yang dimiliki oleh personil MPA ini nantinya dapat membantu Manggala Agni dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Balai Taman Nasional Kutai memiliki catatan sejarah panjang dalam penanganan kebakaran hutan, yang terbaru adalah kejadian kebakaran hutan tahun 2015 yang menghanguskan seluas 1.957,29 ha kawasan konservasi. Tentu hal ini tidak boleh terulang mengingat kawasan konservasi TN Kutai merupakan rumah bagi flora dan fauna endemik di Kalimantan Timur.

Penguatan kelembagaan dan komunikasi dengan berbagai pihak harus terus terjalin,karena penanganan karhutla bukanlah tanggung jawab Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sendiri melainkan tanggung jawab seluruh umat manusia di muka bumi ini yang merasa masih menggunakan oksigen dari hutan untuk melangsungkan kehidupannya.

Semoga melalui kegiatan ini penurunan jumlah luasan areal terbakar dan penurunan jumlah hotspot dapat tercapai sekaligus mewujudkan indonesia langit biru yang bebas dari asap.

Sumber Info : Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini