Bunga Bangkai Mekar Sempurna di Namo Suro Baru

Kamis, 20 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Namo Suro Baru, 20 Juli 2023 - Dalam rangka Road To HKAN 2023, pada  Minggu, 16 Juli 2023, sekitar pukul 20.05 Wib, Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) tumbuh mekar sempurna, dengan tinggi bunga 73 cm, lebar  56 cm dan tinggi bonggol (spadix) 56 cm, di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan  Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di areal tanah wakap penduduk. Mekarnya bunga bangkai ini dipantau dan diamati langsung oleh kader konservasi alam binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Sastra Meliala. 

Sebelumnya tidak jauh dari lokasi ini, bunga bangkai juga  mekar sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada Sabtu, 8 Juli 2023, dengan tinggi bunga 93 cm, lebar  8 cm dan tinggi bonggol (spadix) 78 cm, serta pada Selasa, 11 Juli 2023, dengan   tinggi bunga 87 cm, lebar bunga 75 cm  dan tinggi bonggol (spadix) 71 cm.

Desa Namo Suro merupakan habitat dari bunga bangkai. Di desa ini hampir tiap tahun, sejak tahun 2020, bunga bangkai kerap tumbuh dan mekar dengan sempurna.  Melihat bunga bangkai ini sebagai potensi keragaman hayati yang unik, langka dan mempesona, mendorong serta menginspirasi warga untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata Waras, yang diinisiasi oleh 5 orang kader konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dan mengembangkan lokasi ini menjadi bagian dari wisata edukasi konservasi bunga bangkai. Kedepan pendampingan akan terus dilakukan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam memberdayakan kader konservasi meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian tumbuhan langka yang dilindungi undang-undang.


Sumber : Samuel Siahaan, SP. (PEH Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini