Orangutan Terluka Dirawat di PKRO Batu Mbelin

Selasa, 18 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 18 Juli 2023 - Minggu pagi, 16 Juli 2023, sekitar pukul 10.50 Wib, Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO) Batu Mbelin, Sibolangit, kedatangan 2 (dua) individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii). Satwa yang kerap juga disebut dengan mawas ini, merupakan orangutan liar yang berasal dari Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.  

Kedua orangutan ini adalah orangutan dewasa (induk), yang diperkirakan berumur 18 tahun, dan bayi (anakan) berkelamin jantan, dengan estimasi umur antara 1-2 tahun. Dari hasil pemeriksaan awal sebelum memasuki PKRO Batu Mbelin terlihat ekspresi muka agak sayu, hasil cek gigi dan mulut tidak ada lesi, dari cek anggota gerak ada luka luar pada bagian kaki kanan diduga akibat terkena jerat tali dilon diameter 5 mm. Tangan kiri yang terkena jerat tidak ada luka luar. Air susu keluar dengan lancar. Secara fisik kondisi kedua individu orangutan aktif dan waspada, namun masih memerlukan perawatan intensif akibat luka jerat yang diderita induk dan support untuk penambahan performan indukan.

Dari hasil pemeriksaan, kemudian dilakukan tindakan medis untuk induk berupa pemberian obat cacing, pemberian antibiotik, anti nyeri dan vitamin, infus RL 250 ml, pemeriksaan rapid COVID 19 hasilnya negative, pengambilan sample darah (EDTA, serum) dan pemasangan microchip. Sedangkan tindakan untuk bayinya rehidrasi dengan oralit. Usai dievakuasi ke PKRO Batu Mbelin, kedua orangutan tersebut kemudian ditempatkan di kandang perawatan dan medical checkup direncanakan akan dilakukan segera.


Sumber : Zakia Sheila Faradilla, S.KH. (PEH Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini