Pelepasliaran Satwa Liar ke Habitatnya

Rabu, 12 Juli 2023 BKSDA Jambi

Jambi, 10 Juli 2023 - Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) melakukan pelepasliaran 21 ekor satwa liar di kawasan TNKS. Acara pembukaan yang dilaksanakan di kantor resort Sungai Penuh ini di hadiri langsung oleh Kepala Balai Besar TNKS, Kepala Balai KSDA Jambi, Kepala Bidang Wilayah I TNKS serta MMP binaan BBTNKS. 

Haidir, S.Hut, M.Si. selaku kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat menyampaikan bahwa satwa-satwa ini akan dilepas liarkan di TN Kerinci Seblat pada lokasi yang yang telah dilakukan survey dan kajian sebelumnya. Lokasi tersebut memiliki kondisi habitat yang mendukung keberlangsungan hidup satwa liar dimaksud baik berupa ketersediaan tempat berlindung, ketersediaan pakan, keberadaan satwa sejenis yang memungkinkan satwa yang dilepas liarkan untuk berkembang biak, serta jauh dari pemukiman penduduk. 

Adapun jenis satwa terdiri dari Kucing hutan (Prionailurus bengalensis) sebanyak 3 ekor, Beruk (Macaca nemestrina) 3 ekor, Binturong (Arctictis binturong) 1 ekor, Burung Tangkar Uli (Dendrocitia occipitalis) 4 ekor, dan Burung Takur Api (Psilopogon  pyrolophus) 10 ekor. Satwa-satwa tersebut berasal dari Pusat Penyelamatan Satwa Balai KSDA DKI Jakarta yang dirawat dan kemudian dilepasliarkan di kawasan Provinsi Jambi. 

Sebelumnya sejak 23 Juni 2023, satwa-satwa tersebut telah dilakukan perawatan secara medis di Tempat Penyelamatan Satwa Balai KSDA hingga dinyatakan dalam keadaan sehat dan masih memiliki sifat liar sehingga dapat dilepasliarkan kembali ke habitatnya di alam. 

Ir. Donal Hutasoit, M.E. selaku kepala Balai KSDA Jambi menyampaikan bahwa, "Satwa-satwa ini dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan. Sehingga kita lepasliarkan ditempat yang cocok untuk kehidupannya di kawasan TNKS. Setelah dilepasliarkan, satwa-satwa tersebut tetap dipantau kondisinya oleh petugas dilapangan” ujarnya.


Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini