Pembentukan Pokbermas Desa Tanjung Pengharapan CA Sungai Bulan Sungai Lulan

Senin, 03 Juli 2023 BKSDA Kalimantan Selatan

Kotabaru, 21 Juni 2023 – Pembentukan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat (Pokbermas). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi yang diselenggarakan Balai KSDA Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan konservasi, sehingga mengurangi dampak negatif atas aktivitas masyarakat baik di dalam atau di sekitar kawasan sekaligus memperkuat komunikasi dan koordinasi.

Desa yang menjadi tempat pembentukan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat kali ini berada di Desa Tanjung Pengharapan, Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru. Tim dari Balai KSDA Kalimantan Selatan diantaranya Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Nikmat Hakim Pasaribu, S.P. M.Sc, Kepala Resort Sungai Lulan Sungai Bulan Chairil Fahmi H, A. Md, Staf SKW III Suyatno S.Hut dan David Arsad Rida. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Desa Bapak Rudi Gunawan, aparat desa dan Peserta Masyarakat sebanyak 20 Orang.


Kelompok yang terbentuk sepakat mengelola usaha peternakan Kambing yang bernama KPM Maju Bersama Yang di ketuai oleh Bapak Purwanto. Alasan dari masyarakat mengambil usaha ternak kambing adalah karena usaha ini menjadi salah satu pilihan dari anggota kelompok yang tidak memerlukan modal yang besar dan pakan masih mudah untuk di dapatkan. Kepala Seksi Nikmat Pasaribu menyampaikan bahwa pembentukan kelompok ini merupakan langkah awal, selanjutnya implementasi lapangan harus benar-benar dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Kebersamaan dan kekompakan kerja dalam kelompok merupakan salah satu kunci sukses keberhasilan.


Bapak Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi M.Sc menyampaikan pesan diharapkan usaha yang dilakukan oleh masyarakat dapat berkembang sehingga bisa membantu dalam perekonomian masyarakat dan menjadi alat komunikasi silaturahmi antara masyarakat dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan, sehingga Visi dan Misi dalam Pembentukan Kelompok ini terwujud yakni dengan terjaganya kawasan Cagar Alam di Sekitar Tempat Tinggal Masyarakat.


Sumber : Maulinda, S.Hut (Staf SKW III Batulicin) - Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini