Terbanyak, 12 Ekor Monyet Ekor Panjang Dilepasliarkan

Senin, 03 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Paluh Jaring, 3 Juli 2023 - Dalam rangkaian Road To HKAN 2023, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort SM. Karang gading Langkat Timur Laut III Selotong, pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia melakukan giat lepasliar 12 ekor Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading Langkat Timur Laut, tepatnya di Paluh Jaring, pada Selasa 27 Juni 2023.

Ke 12 ekor monyet tersebut, 10 ekor diantaranya merupakan satwa rehabilitant berasal dari Macaca Rescue Centre Batang Toru dan 2 ekor lagi berasal dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS)  Sibolangit, yang sebelum dilepasliarkan menjalani  rehabilitasi di kandang satwa, di kantor Seksi Konservasi Wilayah II Stabat. 

Pelepasliaran kali ini dilakukan dengan jumlah yang paling banyak. Sebelumnya sudah  sering dilaksanakan pelepasliaran  di SM Karang Gading Langkat Timur Laut dengan lembaga mitra Yayasan Scorpion Indonesia, namun ini yang terbanyak jumlahnya untuk sekali pelepasliaran. Keseluruhan satwa sudah menjalani tahapan rehabilitasi dan sesuai prosedur sudah dilakukan check kesehatan sebelum dilepasliarkan. Dengan pelepasliaran ini diharapkan satwa liar ini dapat membantu regenerasi hutan di kawasan konservasi dengan penyebaran biji brembang.


Sumber : Rizuwan (PEH Terampil) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini