Monyet Serang Warga, Petugas Lakukan Evakuasi

Senin, 03 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Tanjung Mulia Hilir, 3 Juli 2023 - Berawal dari adanya laporan Kepala Lingkungan (Kepling) di Jalan Kawat I,  Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan,  ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara tentang terjadinya interaksi negatif antara warga dengan 1 (satu) ekor Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) yang meresahkan  warga setempat dan bahkan sudah menyerang serta melukai/mencederai beberapa warga.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Pelabuhan Laut  Belawan pada Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia, segera menyambangi lokasi dan berkoordinasi dengan Kepala Lingkungan, pada Kamis 22 Juni 2023. Dari keterangan warga, monyet tersebut sebelumnya dipelihara oleh salah seorang warga sejak kecil. Namun beranjak dewasa, perilakunya berubah dan menyerang warga, sehingga pemiliknya khawatir akan jatuh korban dikemudian hari. Oleh karena itulah maka satwa tersebut diserahkan kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara. 

Monyet jantan, dewasa,  terlihat sehat dan agresif. Petugas pun kemudian melakukan evakuasi dan menitipkannya di lembaga mitra Yayasan Scorpion Indonesia, untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilapasliarkan ke habitat alaminya.


Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Joni Agustinus Pasaribu, SP. (Polhut Muda) dan Fuad Khalil Harahap, S.Hut. (Polhut Pertama) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini