Lepasliar Ular Kobra Penyerahan Damkar Padangsidimpuan

Kamis, 22 Juni 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Barumun, 22 Juni 2023 - Pada hari Selasa, 19 Juni 2023, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan menerima penyerahan sepasang ular Kobra (Naja sumatrana), atau yang dikenal juga dengan nama ular Sendok Sumatera, dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Daerah Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan informasi yang disampaikan petugas Damkar, sepasang  ular tersebut sebelumnya diperoleh dari sumur di rumah seorang warga,  Saat Al Habib, yang dikontrakkan kepada PT. PLN Persero, di Desa Pudun Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, sekitar jam 17.00 WIB. 

Ular Sendok Sumatera merupakan ular yang sangat berbahaya  karena tergolong dalam spesies ular sendok penyembur (Spitting cobra). Meskipun ular ini tidak termasuk dalam jenis yang dilindungi, namun keberadaan satwa ini harus tetap dijaga karena bermanfaat bagi petani sebagai pengendali populasi tikus di perkebunan. 

Untuk menjaga kelestarian satwa ini, setelah diterima petugas Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan kemudian mengevakuasinya dan melepasliarkan ke habitatnya di Suaka Margasatwa (SM). Barumun. Pelepasliaran ini dimaksudkan untuk melanjutkan perannya sebagai salah satu satwa penjaga keseimbangan ekosistem. 

Penyerahan sepasang ular dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Daerah Kota Padangsidimpuan ke Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan ini  merupakan cerminan kolaborasi yang baik antar pihak dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati. Kedepan kerjasama yang baik ini pun diharapkan dapat ditingkatkan lagi.


Sumber : Irwan Hanafi, S.Hut., M.M. (PEH Muda) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini