Perayaan Hari Penyu Sedunia di Pantai Mampie, Sulawesi Barat

Selasa, 20 Juni 2023 Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Polewali Mandar, 16 Juni 2023 - Festival Penyu Mampie 2023 dilaksanakan selama 3 hari tanggal 14 - 16 Juni 2023 oleh Kelompok Penggerak Konservasi SAHABAT PENYU. Hari Penyu Sedunia, tanggal 16 Juni 2023 menjadi puncak acara festival dengan kegiatan pelepasan tukik dan Bimbingan Teknis Peduli Perlindungan dan Penangkaran Penyu yang diprakarsai oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat dengan narasumber Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dan Balai Pengelolaan Sumber Daya Laut dan Pesisir - Kementerian Kelautan dan Perikanan.  

Hadir langsung sebagai narasumber Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Ir. Jusman menyampaikan bahwa konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya ditopang oleh 3 pilar: perlindungan, pengewetan dan pemanfaatan secara lestari. Perlu kerja-kerja bersama (collective action) antar instansi dalam konservasi. Apresiasi yang tinggi kepada Sahabat Penyu yang dengan kesadaran mandiri telah menjadikan festival penyu sebagai agenda konservasi tahunan. 

Berbagai pihak terlibat dalam perayaan Hari Penyu ini antara lain Kelompok Penggerak Konservasi Sahabat Penyu dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat sebagai pihak penyelenggara, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan dan Olahraga Polman, Kapolsek Wonomulyo, Balai Pengelolaan Sumber Daya Laut dan Pesisir - Kementerian Kelautan dan Perikanan, Komunitas Pemerhati Lingkungan, TVRI, Mahasiswa UNSULBAR, masyarakat sekitar Pantai Mampie dan rombongan wisatawan mancanegara.

Pelepasan tukik jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas) menjadi agenda yang paling dinanti para peserta termasuk rombongan turis mancanegara. Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan didampingi Kepala Bidang Teknis KSDA, Kepala Bidang KSDA Wilayah I Palopo, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Mamuju bersama Tim balai ikut serta melepaskan tukik.


Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini