Penampakan Buaya di Desa Gambus Laut

Jumat, 16 Juni 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Desa Gambus Laut, 16 Juni 2023 - Berawal dari adanya laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batubara melalui call centre Balai Besar KSDA Sumatera Utara tentang adanya penampakan Buaya Muara (Crocodylus porosus)  di  Desa Gambus Laut, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara.

Pada  Rabu, 14 Juni 2023, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui  Resort Pelabuhan Tanjung  Balai, Suaka Alam (SA.) Sei Leidong dan Cagar Alam (CA.) Batu Ginurit, pada Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, menindaklajuti laporan Kepala BPBD Batubara dimaksud. Petugas turun ke TKP,  lalu menyambangi kantor Kepala Desa Gambus Laut untuk berkoordinasi dan menggali informasi.  Menurut informasi dan keterangan saksi mata, Puput, yang melihat langsung penampakan buaya tersebut bahwa satwa yang diperkiran panjangnya 2,9 meter, ditemukan sedang berjemur dipinggir sungai aliran muara sungai Desa Gambus Laut. Masih menurut Puput, buaya ini kerap kali muncul sejak dan terakhir terlihat pada Selasa, 13 Juni 2023 sekitar pukul 12:20 WIB.

Setelah berkoordinasi dengan Kepala Desa Gambus Laut dan Kepala Dusun, petugas sepakat turun langsung ke lokasi penampakan buaya, dengan dibantu  5 anggota mitra Balai Besar KSDA Sumatera Utara dari penangkaran UD. Alian Ruswan, serta kepala dusun dan saksi. Tim membawa perlengkapan yang diperlukan untuk menangkap buaya, namun setelah beberapa jam penyusuran sungai baik dengan  menggunakan perahu maupun turun langsung ke sungai melakukan swiping dengan alat setrum, belum juga menemukan buaya di sekitar lokasi penampakan. Setelah 3,5 jam penyusuran sungai menggunakan perahu sampai akhirnya pasang surut air laut, kemudian diputuskan buaya sudah tidak berada di lokasi dan pencarian pun dihentikan. 

Sebelum meninggalkan lokasi, petugas memberikan sosialisasi kepada Pemerintah Desa Gambus Laut dan warga agar aktifitas di pinggir sungai sebaiknya dikurangi dan perlu waspada serta mengawasi anak-anak yang sering mandi di sungai tersebut. Jika melihat keberadaan buaya agar segera dilaporkan kepada petugas untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. 


Sumber : Alfianto Luat Siregar, S.Hut., MT., M.PP. (Kepala SKW III Kisaran) - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini