Harimau Serang Ternak Warga Dusun Kwala Buluh Tangkahan

Selasa, 13 Juni 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Dusun Kwala Buluh Tangkahan, 12 Juni 2023 - Bermula dari laporan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (PTN) VI Besitang, Balai Besar Taman Nasional (TN) Gunung Leuser, pada Sabtu 10 Juni 2023, tentang terjadinya interaksi negative antara warga dengan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), dimana ternak peliharaan warga diserang satwa harimau. Kejadian pertama kali diketahui  sekitar pukul 07.00 Wib, oleh pemilik ternak lembu. Lokasi kejadian di Dusun Kwala Buluh Tangkahan, Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, dekat penginapan Green Forest. 

Menindaklanjuti laporan tersebut petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, melakukan observasi dan menemukan jejak harimau yang mengarah ke perbukitan. Diduga si raja hutan ini, merupakan satwa yang pernah tertangkap kamera trap pada bulan Mei yang lalu, dalam kondisi kaki terluka. 

Saat ini tim dari Seksi Konservasi Wilayah II Stabat akan mengaktifkan kembali kandang jebak yg masih berada di lokasi, yang rencananya akan menggunakan umpan kambing hidup. Satwa liar ini diupayakan untuk direscue mengingat kondisinya terluka, sehingga kemampuan berburu satwa liar sudah berkurang dan akhirnya masuk ke perkampungan/pemukiman warga.


Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH., (Kepala SKW II Stabat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini