Jejak Harimau di Desa Huta Pungkut Tonga

Rabu, 31 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Huta Pungkut Tonga, 31 Mei 2023 - Penemuan jejak Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di kebun warga di Desa Huta Pungkut Tonga, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal menghebohkan sekaligus meresahkan warga. Lokasi penemuan jejak harimau ini berjarak sekitar 1,32 km dari pemukiman dan berada pada kawasan HPL.

Mendapat laporan, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok segera melakukan pengecekan pada Senin, 29 Mei 2023. Sebelumnya petugas melakukan koordinasi dengan Balai Taman Nasional Batang Gadis, KPH VIII Kotanopan, Camat Kotanopan, Kepala Desa dan masyarakat Desa Huta Pungkut Tonga, yang dilanjutkan dengan peninjauan lokasi penemuan jejak tersebut. Di lokasi ditemukan  jejak 2 ekor harimau, yang diperkirakan induk dan anaknya. Jejak tersebut merupakan jejak tiga hari yang lalu, dan setelah ditelusuri jejak harimau tersebut mengarah ke dalam kawasan hutan. Tidak ditemukan jejak baru disekitar lokasi.

Selanjutnya petugas  melakukan sosialisasi/himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada. Bila melakukan aktivitas di ladang/kebun sebaiknya dilakukan berkelompok dan jangan pulang terlalu sore. Apabila ada tanda-tanda kehadiran si raja hutan, warga diminta untuk melakukan pengusiran/penghalauan dengan menggunakan bunyi-bunyian berupa petasan atau jenduman, dan segera melaporkan ke petugas dan pihak-pihak terkait terdekat.

Warga diingatkan untuk tidak melakukan aktivitas atau kegiatan yang membahayakan baik bagi satwa liar maupun bagi warga sendiri. Diminta aga warga tidak menggunakan jerat, karena ini akan membahayakan bagi satwa liar, khususnya jenis yang dilindungi undang-undang. Perbuatan memasang jerat dan berburu satwa liar dilindungi undang-undang merupakan perbuatan melanggar hukum. Sampai saat ini petugas terus melakukan pemantauan dan secara berkala berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.


Sumber : Muslim Surbakti (Kepala Resort Taman Buru Pulau Pini) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini