Lahan Dibakar Warga Untuk Menggantikan Rumput Tua Dengan Yang Muda

Rabu, 31 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Batang Onang, 31 Mei 2023 - Laporan adanya peristiwa kebakaran lahan di Desa Batu Nanggar, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, yang disampaikan oleh  Keppeer Sanctuary Harimau Sumatera Barumun, ditindak lanjuti oleh petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang dengan menurunkan Tim patroli penanganan kebakaran hutan dan lahan. Patroli dilaksanakan di tiga desa di Kecamatan Batang Onang, yaitu : Desa Batu Nanggar, Desa Batang Onang Baru.dan Desa Pangkal Dolok Lama.

Hasil patroli, Tim menemukan adanya lahan bekas bakaran, dengan dugaan sementara lahan tersebut sengaja dibakar oleh masyarakat yang berkebun tepat di samping lahan yang terbakar. Tim kemudian melanjutkan  patroli di Desa Batang Onang Baru dan kembali menemukan bekas lahan yang terbakar. Dari hasil pengecekan dan pengumpulan data, informasi serta keterangan warga setempat, diketahui bahwa lahan tersebut memang sengaja dibakar, untuk maksud membakar rumput tua agar  nantinya digantikan dengan rumput muda, yang akan digunakan sebagai pakan ternak sapi/lembu.

Tim kemudian memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga, agar tidak lagi melakukan aktivitas pembakaran lahan dan hutan, karena perbuatan tersebut akan menimbulkan dampak, bukan hanya polusi udara, tetapi juga bisa mengancam keselamatan tumbuhan dan satwa liar termasuk jenis yang dilindungi, maupun juga keselamatan warga. Perbuatan membakar hutan dan lahan merupakan perbuatan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang ada serta dapat diancam dengan pidana penjara. 

Tim pun memasang kembali spanduk yang berisi  himbauan dan larangan  untuk melakukan pembakaran hutan dan lahan. Kedepan petugas akan terus melakukan pemantauan melalui patroli baik rutin maupun secara berkala.


Sumber : Hardi Hutabarat (Polhut Penyelia) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini