Parimpari, Kearifan Lokal Masyarakat Sekitar TN Wakatobi

Jumat, 27 Januari 2023

Pulau Kapota, 27 Januari 2023. Balai Taman Nasional (TN) Wakatobi berpartisipasi pada pembukaan masa Parimpari di Pantai Kolo Owa, Pulau Kapota, TN Wakatobi, Kamis (26/1). Parimpari merupakan kearifan masyarakat lokal menutup sementara wikayah tangkap di wilayah masyarakat adat Kadie Kapota dalam memanfaatkan kawasan TN Wakatobi. Kawasan perairan tersebut akan ditutup selama 3 bulan oleh Sara Kapota atau lembaga MHA Kapota melalui musyawarah adat dengan tujuan untuk pemulihan dan kemudian dibuka kembali untuk dimanfaatkan. 

Hasil kearifan lokal masyarakat tersebut dapat terlihat langsung pada hari pembukaan. Berdasarkan pengakuan nelayan, sebelumnya nelayan dapat menangkap sekitar 2 ekor gurita dengan bobot rata-rata 7 ons dan pasca Parimpari jumlah tangkapan ± 4-5 ekor dengan bobot rata-rata 2 kg. Setelah dilakukan pendataan hasil tangkapan, untuk bobot tangkapan terbesar hari ini adalah 3 kg dan yang paling kecil berukuran 8 ons. Kegiatan Parimpari hini merupakan kegiatan pembukaan kawasan pemanfaatan yang kedua dimana sebelumnya telah dilakukan kegiatan yang sama pada tahun 2022.

Sebagai informasi, pengawasan lokasi Parimpari dilakukan Sara Kedie Kapota melalui pemangku wati manao atau pengawas laut  bersama  Balai TN Wakatobi dan instansi terkait lainnya.

Sumber: Balai Taman Nasional Wakatobi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini