Cagar Alam Muara Kendawangan Menjadi Rumah

Selasa, 08 Agustus 2017

Pontianak (08/08/2017). Nepenthes rafflesiana  diambil dari nama Stamford Raffles, atau Raffles' Pitcher-Plant, merupakan salah  jenis tumbuhan dari family Nepenthaceae yang termasuk dalam spesies N. rafflesiana. Daerah penyebaran Nepenthes rafflesiana sendiri tersebar di daerah Kalimantan, Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan Singapura.

Nepenthes rafflesiana umumnya tumbuh di tempat terbuka, berpasir dan area yang agak lembap. Bisa juga ditemukan di hutan kerangas, hutan sekunder, hutan rawa gambut dan hutan tropis.

Nepenthes rafflesiana merupakan liana yang tumbuh memanjat. Batangnya mampu tumbuh hingga ketinggian 15 m di atas permukaaan tanah. Warna kantong dari Nepenthes rafflesiana yang biasa ditemukan dari adalah berwarna hijau terang dengan bercak ungu tua pada kantong bawah, dan berwarna krem pada kantong atas. Di Kalimantan setidaknya telah ditemukan empat varietas yang berbeda satu sama lainnya, dan di antaranya ada didalam kawasan Gambut Cagar Alam Muara Kendawangan.

Didalam Kawasan Cagar Alam Muara Kendawangan untuk jenis Nepenthes rafflesiana Sendiri tersebar hampir diseluruh rawan gambut yang ada di dalam kawasan CAMK. Intinya dimana ada areal rawa gambut di kawasan Cagar Alam Muara Kendawangan sudah pasti kita akan menemukan species Nepenthes rafflesiana, sehingga areal rawan gambut didalam Kawasan Cagar Alam Muara Kendawangan yang berada di Kabupaten Ketapang menjadi rumah dari Species Nepenthes rafflesiana.

Sumber : BKSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini