Peringati HKAN , TN Kutai Gelar Lomba ”Kutai Wana Rally” Ke XI Se-Kalimantan Timur

Senin, 07 Agustus 2017

             Kutai, 07 Agustus 2017, Peringati  Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2017, Balai Taman Nasional Kutai bekerjasama dengan Mitra Taman Nasional Kutai menyelenggarakan lomba lintas alam “Kutai Wana Rally (KWR) XI Taman Nasional Kutai Tahun 2017. KWR merupakan acara tahunan Balai Taman Nasional Kutai yang sempat vakum dan baru dilaksanakan kembali pada tahun 2017. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2017 di Objek Wisata Alam Sangkima Jungle Park dan didukung oleh  PT. KITA, PT. Indominco Mandiri, PT. Pertamina, PT. Mahakam Sumber Jaya,  PT. Wahana Agro Berjaya, Cv. Rizki Fadillah, Bank Kaltim cabang Bontang, HS Consultant, PT. Gaya Prima, CV. Sumber Mustika, Cv. Berkat Kawan & Co, CV. Rimba Raya Perdana, PT. Santan Batubara, Koperasi Mutiara Prima, AUTO 2000 Bontang, Ovalmart Sangatta, Golden Cell, RAKATA Adventure, PT. Desindo Agri Mandiri,  UTDC RS PKT, TRUST,  dan RSUD Taman Husada Bontang.

            Kegiatan Kutai Wana Rally XI Tahun 2017 yang bertema “Pohon” dan sub tema “Tanam, Jaga dan Rawat Bersama” bertujuan untuk: 1) memperkenalkan dan mempromosikan objek wisata alam Sangkima Jungle Park Taman Nasional Kutai sekaligus mendukung pariwisata Kabupaten Kutai Timur; 2) meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan; 3) mengasah pribadi yang selalu siap mehadapi tantangan; 4) meningkatkan solidaritas dan kerjasama; 5) menjadikan Kutai Wana Rally sebagai icon kegiatan rutin Taman Nasional Kutai setiap tahunnya; 6) menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap konservasi khususnya Taman Nasional Kutai dengan melakukan perjalanan lintas alam sembari mengamati dan mengenali isi Taman Nasional Kutai.

            Kegiatan lomba ini melibatkan panitia dari luar TN Kutai seperti BNPB Kabupaten Kutai Timur, RAPI, RSUD Kota Bontang, Kader Konservasi, Saka Wana Bhakti, PMI Kota Bontang dan Kutai Timur, dan Tim SAR Indominco Mandiri. Secara antusias, lomba ini diikuti oleh 125 tim peserta, dimana masing-masing tim terdiri dari 4 orang pesserta yang berasal dari 4 kabupaten/kota  se-provinsi Kalimantan Timur. Peserta berkompetisi memperebutkan piala bergilir Bupati Kutai Timur, dan totalhadiah sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) serta berbagai macam doorprize. Adapun rute lomba dirasakan peserta relatif sangat menantang dengan panjang ± 7 km melewati jalur darat dan sungai, bukit, boardwalk dan jembatan gantung di Sangkima Jungle Park.

            Lomba ini dihadiri dan dibuka oleh Bapak Bupati Kutai Timur, Ir. H. Ismunandar, MT. Lomba ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kutai Timur, Muspida Kabupaten Kutai Timur, Ketua OC Mitra Taman Nasional Kutai, Polres Kutai Timur, Kodim 0909 Sangatta, Pimpinan perusahaan dan sponsorship. Dalam sambutannya, Bupati Kutai Timur Bapak Ir. H. Ismunandar, MT. menyatakan agar keberadaan Taman Nasional Kutai bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Kita ingin memanfaatkan TN Kutai bukan untuk dirambah tetapi bagaimana kita berusaha untuk menarik wisatawan untuk datang ke Taman Nasional Kutai sehingga masyarakat sekitar bisa memperoleh hasilnya.

            Dalam kesempatan tersebut, Bapak Bupati Kutai Timur dengan didampingi Kepala Balai TN Kutai dan tamu undangan secara simbolis menanam salah satu pohon langka Kalimantan yaitu ulin (Eusideroxylon zwageri). Adapun Bapak Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, ST., MM. melepasliarkan satwa kukang (Nycticebus caucang). Disela-sela perlombaan, Bapak Wakil Bupati dan Muspida Kabupaten Kutai Timur berkesempatan meninjau jalur tracking di objek wisata Sangkima Jungle Park untuk melihat pohon ulin terbesar di dunia dengan didampingi petugas Balai TN Kutai.

Pada akhir perlombaan, dilakukan pemberian hadiah dan doorprize. Berdasarkan hasil penjurian yang dilakukan oleh panitia, juara I lomba KWR XI Taman Nasional Kutai Tahun 2017 diraih oleh tim Huru Hara BBC, Juara 2 diraih tim Sangatta Playon 3, Juara 3 Kelurahan loktuan 1, juara 4 oleh tim Indominco Mandiri A dan juara 5 diraih oleh tim kompak 5. Selamat untuk para pemenang dan kepada selruh peserta semoga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan menjadi agen konservasi TN Kutai.

Sumber: BTN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini