Pantau Sejak Lama, BBKSDA Riau Amankan Alat Berat

Minggu, 16 Oktober 2022

Pekanbaru, 16 Oktober 2022. Sejak 1 Oktober 2022, Tim patroli Balai Besar KSDA Riau telah memonitor adanya pembukaan lahan dengan menggunakan alat berat excavator di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil. Sampai pada Minggu 9 Oktober 2022, Tim gabungan operasi pengamanan hutan yang terdiri dari Balai Besar KSDA Riau, Direktorat Jenderal (Ditjen) Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum) KemenLHK, aparat kepolisian dan TNI bergerak ke lokasi untuk meminimalisir kerusakan yang ada di Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil tersebut. Tim gabungan akhirnya berhasil mengamankan satu unit alat berat yang disembunyikan di dalam semak belukar ke Pekanbaru namun pelaku sudah tidak ada di lokasi, Senin (10/10).

Dari pantauan drone terdapat sekitar 125 hektare hutan di kawasan SM Giam Siak Kecil  yang telah dirambah dan masih bersifat pembukaan lahan saja karena di lokasi tidak ditemukan adanya bibit tanaman. Saat ini Polda Riau bersama Balai Besar KSDA Riau sedang melakukan penyelidikan terhadap pelaku perambahan.

Untuk diketahui, Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil merupakan ekosistem rawa gambut yang sangat rawan terjadi kebakaran dan sekaligus menjadi habitat satwa. Sehingga sangat perlu dijaga kelestariannya dan diamankan dari aktivitas illegal yang dapat merusaknya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini