Klaim Tak Digubris, Petugas Pasang Papan Larangan di SM GSK

Selasa, 04 Oktober 2022

Pekanbaru, 3 Oktober 2022 - Patroli pengamanan kawasan dan operasi jerat di Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil (GSK) dan sekitarnya dilakukan Bidang KSDA Wilayah II Balai Besar KSDA Riau bersama Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) pada hari Selasa hingga Jum'at, 13 s.d 16 September 2022.

Kegiatan diawali koordinasi dengan Kepala Desa Tasik Betung dan PT. Arara Abadi Distrik Duri 1 yang berdampingan dengan kawasan SM GSK. Informasi diperoleh bahwa telah terjadi pembukaan lahan di dalam kawasan SM GSK dengan menggunakan alat berat jenis ekskavator.

Hasil pengecekan di lokasi, ditemukan lahan yang sudah dibuka (staking) dan siap untuk ditanam dengan luas sekitar 20 Ha, lokasi tersebut berada di kawasan SM GSK, Dusun 2, Kampung Baru, Desa Tasik Betung, Kec.Sungai Mandau, Kab. Siak. Berdasarkan informasi di lapangan, lokasi yang dibuka sudah diakui sebagai lahan milik masyarakat yang telah turun temurun dikuasai dan akan dijadikan kebun kelapa sawit. Tak menggubris informasi tersebut, petugas memasang rambu kawasan dan menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa upaya pemanfaatan kawasan secara lestari dapat dilakukan melalui kemitraan konservasi.

Operasi sapu jerat juga dilakukan di dalam dan sekitar kawasan SM GSK dan ditemukan fencing yang masih aktif. Untuk melindungi satwa kunci seperti harimau dan gajah maka dilakukan pemusnahan fencing dengan cara dipotong.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini