Balai TN Gunung Palung Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan

Kamis, 03 Agustus 2017

Sukadana,  3 Agustus 2017. Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) beserta Manggala Agni Daops Ketapang, Babinsa Sukadana, Polres KKU dan masyarakat lakukan pemadaman kebakaran didalam kawasan TNGP tepatnya di Dusun Sei.Mengkuan Desa Pangkalan Buton.

Berawal dari adanya laporan masyarakat setempat yang melihat adanya kobaran api di bukit Peramas yang merupakan kawasan TNGP. Berbekal informasi tersebut petugas SPTN Wilayah I Sukadana berkoordinasi dengan Manggala Agni Daops Ketapang yang berada di Sukadana dan petugas Seksi I BTNGP bersama-sama menuju lokasi yang dimaksud, petugas lainnya berkoordinasi dengan Polres KKU, Babinsa Sukadana dan Aparat Desa Pangkalan Buton.

Tepat pada pukul 20.55 WIB tim tiba dilokasi yang berjarak 200 m dari pemukiman masyarakat, tim menemukan adanya sumber api yang berasal dari satu pohon besar yang sudah mati jenis Ficus sp tipe kebakaran atas dan bawah. Dengan peralatan pompa mesin dan manual petugas bersama-sama memadamkan titik api tersebut agar tidak meluas, hingga berita ini diturunkan belum diketahui asal dari sumber api tersebut. Titik api sudah dipadamkan dan estimasi luas yang terbakar sekitar 400 M2, dengan kesigapan petugas dan koordinasi yang baik dengan instansi lain sehingga kebakaran hutan tidak meluas. Petugas TNGP akan memantauan pasca terjadinya kebakaran hutan.    

Sumber : Balai TN Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini