Menemukan Bukaan Baru, Papan Peringatan Terpasang

Jumat, 23 September 2022

Lubuk Kembang Bunga, 18 September 2022 – Petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) giatkan patroli di areal Resort Air Hitam Bagan Limau dan Resort Lancang Kuning Air Sawan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB), Minggu (18/9). Patroli ini merupakan bagian dari kegiatan piket penjagaan kawasan yang dilakukan bergantian oleh petugas Balai TN Tesso Nilo.

Patroli dilakukan dengan target pengecekan bukaan baru dan indikasi aktivitas alat berat (parit) di grid G21 Lubuk Balai menggunakan aplikasi Smart Patrol. Pada patroli kali in tim memukan aktivitas pembalakan liar di grid F21 dengan jumlah tunggul lebih dari 15. Tunggul yang ditemukan diperkirakan sudah berumur sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Petugas menuturkan pelaku tidak ditemukan di sekitar lokasi temuan.

Pada lokasi lainnya ditemukan pula patok rintisan yang diduga calon lokasi penumbangan baru di sepanjang jalan lubuk balai menuju Teratak ondah Resort Lancang Kuning Air. Oleh petugas patok tersebut kemudian dimusnahkan dan diganti dengan tulisan TNTN. Dilokasi selanjutnya tim menemukan lokasi tumbangan baru di Grid G20. Petugas menuturkan usia timbangan diperkirakan sekitar 1 bulan dengan luas kurang lebih 100 Hektar.

Dari hasil temuan patroli, petugas memasang papan peringatan di sekitar lokasi yang ditemukan bukaan lahan. Petugas menuturkan piket penjagaan dan patroli kawasan akan dilakukan lebih insentif lagi untuk mencegah aktifitas tindak pidana kehutanan (tipihut) lainnya di kawasan TN Tesso Nilo.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini