Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kab. Pangandaran Ke Balai Besar KSDA Jawa Barat

Kamis, 03 Agustus 2017

Bandung, 3 Agustus 207. Taman Wisata Alam (TWA) Pananjung Pangandaran sudah lama menjadi primadona para pelancong. Obyek wisata yang terletak di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran ini memiliki daya tarik wisata yang begitu menggoda. Suasana pantai yang indah dibalut gemuruh ombak yang tiada henti dapat menjadi penghilang rasa penat dan obat penurun ‘tensi’ setelah menjalani rutinitas yang membosankan di perkotaan, apalagi sambil menikmati sunset atau sunrise.

Potensi wisata TWA Pananjung Pangandaran yang mempesona tersebut, rupanya tak luput dari perhatian wakil rakyat setempat yang ingin menjadikan TWA Pangandaran sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pangandaran. Oleh karena itu, pada tanggal 3 Juli 2017 Ketua dan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kab. Pangandaran beserta 7 (tujuh) orang anggota Komisi II, Kepala Desa Pangandaran, dan tokoh masyarakat Pangandaran melakukan kunjungan kerja ke Kantor Balai Besar KSDA Jawa Barat. Kedatangan rombongan Komisi II DPRD Kab. Pangandaran tersebut disambut secara langsung oleh Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Ir. Sustyo Iriyono, M.Si. beserta jajarannya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pertemuan yang membahas tentang TWA Pangandaran dengan hasil antara lain sebagai berikut.

  1. Masyarakat memandang kelestarian CA/TWA Pananjung Pangandaran penting bagi Kabupaten Pangandaran, dan masyarakat siap mendukung upaya pelestarian CA/TWA Pananjung Pangandaran bersama-sama. Hal ini akan diperkuat dengan surat dukungan dari DPRD dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran.
  2. Mempertimbangkan perlunya upaya pemulihan habitat, khususnya di blok Cikamal untuk mengembalikan habitat berikut satwa liar dilindungi Banteng kembali hadir menjadi bagian keragaman hayati CA/TWA Pananjung Pangandaran.
  3. Kesiapan masyarakat dalam berpartisipasi mengelola wisata alam di TWA Pananjung Pangandaran sangat diperlukan, sehingga perlu adanya kecukupan kapasitas pelaku-pelaku wisata alam/masyarakat yang akan berpartisipasi.
  4. Balai Besar KSDA Jabar akan segera melaporkan hasil rapat koordinasi dan konsultasi ini kepada Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) untuk mendapat arahan lebih lanjut dan diharapkan Dirjen KSDAE dapat melakukan kunjungan langsung ke Pangandaran.

Kunjungan Komisi II DPRD Kab. Bandung ini semakin membuktikan bahwa dalam upaya pelestarian kawasan konservasi seperti TWA Pananjung Pangandaran ini, Balai Besar KSDA Jawa Barat tidak berjalan sendiri. Masih banyak pihak-pihak lain yang peduli dan memberikan dukungan  secara nyata agar kawasan konservasi dapat senantiasa lestari.

Sumber Info : Humas Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini