Balai Besar KSDA Sumatera Utara Rescue "Domu" Dari Kebun Masyarakat

Senin, 29 Agustus 2022

Domu saat dilepasliarkan kembali di kawasan Restorasi Halaban TN Gunung Leuser

Bukit Mas, 29 Agustus 2022. Kembali untuk kesekian kalinya, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan rescue terhadap 1 individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di dalam kebun masyarakat  dengan tutupan lahan perkebunan sawit, karet serta semak belukar, di Dusun Pardomuan Nauli, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, pada Jumat 26 Agustus 2022. Kegiatan rescue ini berawal dari adanya laporan warga.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat bersama dengan lembaga mitra HOCRU-OIC melakukan evakuasi orangutan yang terisolir dengan pembiusan. Dari hasil pemeriksaan tim medis diketahui bahwa orangutan yang diberi nama “Domu” berjenis kelamin jantan, berumur sekitar 10 tahun, berat badan lebih kurang 35-40 kg dengan kondisi fisik dalam keadaan sehat serta tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan ataupun cacat pada tubuh.

Pemeriksaan kesehatan oleh tim medis

Melihat kondisi orangutan dalam keadaan baik dan sehat, tim medis merekomendasikan untuk dilepasliarkan. Tim kemudian merescue Domu dan melepasliarkannya di kawasan Restorasi Halaban Taman Nasional (TN) Gunung Leuser.

Sumber : Esra Barus, S,Hut. – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini