BBKSDA Riau Telusuri Jejak Konflik Harimau di Pelalawan

Senin, 22 Agustus 2022

Pekanbaru, 22 Agustus 2022. Balai Besar KSDA Riau melakukan mitigasi konflik antara manusia dan satwa liar Harimau Sumatera yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa (meninggalnya seorang wanita pekerja) di Desa Serapung Kec. Kuala Kampar Kab. Pelalawan, yang berbatasan dengan Desa Teluk Lanus pada hari Jum'at, 19 Agustus 2022. 

Koordinasi dilakukan Balai Besar KSDA Riau dengan aparat pemerintah daerah, Kepolisian dan pihak terkait setempat untuk bersama - sama menghimbau dan memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak beraktivitas sementara di sekitar lokasi harimau dan bila terpaksa agar selalu waspada serta tidak beraktivitas sendirian atau tidak beraktifitas dengan jumlah kelompok yang sedikit. Begitupun para pekerja diminta untuk tidak beraktifitas saat petang maupun sebelum pagi di saat harimau sumatera sedang melakukan aktifitasnya karena daerah tersebut merupakan daerah jelajah harimau.

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak - pihak terkait, Balai Besar KSDA Riau akan memasang kandang perangkap harimau di lokasi yang diduga jalur pergerakan satwa. Sampai dengan saat ini, petugas Balai Besar KSDA Riau terus melakukan patroli dan pendampingan  pengamanan harimau di lokasi kejadian. Saat ini korban sudah dievakuasi dan dimakamkan. Balai Besar KSDA Riau menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga dan sudah melayat ke rumah korban.

Adapun sebagai informasi, kronologis kejadian konflik terjadi ketika seorang pekerja wanita bernama Sehat Sopiana Damanik (44 tahun), karyawan penanaman PT. ASM kontraktor dari PT Peranap Timber pulang dari bekerja ke baraknya dan melakukan aktifitas sebagaimana biasanya pada Jum'at, 19 Agustus 2022, sekira pukul 16.00 WIB. Pukul 19.30 WIB, yang bersangkutan menemani suaminya mandi di tepi kanal depan barak. Sekira 5 menit kemudian suami korban mendengar suara teriakan Istrinya yang menunggu di pinggir kanal, teriakan ini juga didengar oleh pekerja lainnya di dalam barak. Seketika suami dibantu anggota pekerja yang berada di barak bergegas mencari korban, akan tetapi korban tidak terlihat lagi di posisi berdirinya semula. Suami Korban dan para pekerja memperluas pencarian di sekitar barak DHG. Pada Pukul 19.45 WIB, korban ditemukan tergeletak di dekat menara api dengan kondisi luka cakar pada wajah. Namun terlihat seekor harimau menunggu di sekitar korban, sehingga suami dan para pekerja tidak berani mendekati apalagi mengevakuasi korban.

Kemudian pada pukul 20.30 WIB,  suami dan para pekerja kembali mengamati korban, namun karena korban masih di awasi harimau, mereka memutuskan kembali ke Barak DHG. Sekitar pukul 21.00 WIB, suami dan para pekerja kembali mengamati menara api dan saat itu korban sudah tidak terlihat lagi di lokasi. Keesokan harinya, Sabtu, 20 Agustus 2022 dilakukan kembali pencarian korban menggunakan alat berat dan korban ditemukan pada pukul 14.33 WIB di hutan alam perusahaaan yang berjarak kurang lebih 300 meter dari lokasi penerkaman. Pada saat ditemukan, korban dalam posisi telungkup, dengan beberapa bagian tubuhnya terdapat bekas gigitan. Terhadap korban dilakukan visum oleh dokter dan korban dibawa keluarganya menuju Pangkalan Kerinci.

Setelah menerima laporan kejadian, Balai Besar KSDA Riau segera menurunkan Timnya yang terdiri dari 6 orang untuk menuju ke lokasi, Sabtu (20/8). Tim melakukan pengumpulan informasi dan pemasangan camera trap untuk mengidentifikasi individu harimau sumatera tersebut. Tim menuju lokasi kejadian dan mendapati posisi barak berseberangan dengan kanal  tempat penumpukan hasil panen akasia. Barak baru di tempati lebih kurang 4 malam oleh kelompok pekerja termasuk korban dengan jumlah pekerja yang menempati barak 15 orang. Diketahui barak telah kosong atau tidak di tempati selama 4 tahun terakhir. Jika dilihat dari jejak dan kotoran harimau sumatera tersebut, si belang sudah sering melintasi areal sekitar barak. 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau (SIARAN PERS Nomor : PG. 1838 /K.6/TU/HMS.2.1/08/2022 tgl 21 Agustus 2022)

Nara sumber : Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S. Hasibuan

Penanggungjawab berita : Humas Balai Besar KSDA Riau

Alamat kantor : Jl. HR Subrantas km. 8,5 Pekanbaru

Call Center BBKSDA Riau :  081374742981
Wesite : http://bbksdariau.id
Twiter : @BBKSDARIAU
Facebook : Bbksda Riau
Instagram : @bbksda_riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini