Menikmati Air Panas Cangar di Taman Hutan Raya R Soerjo

Senin, 21 Juni 2021

Jakarta, 21 Juni 2021. Salah satu destinasi obyek wisata alam di Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo – Malang, Jawa Timur adalah  Air Panas Cangar yang merupakan pemandian air panas alami yang berasal dari Gunung Welirang.

Objek wisata alam Air Panas Cangar merupakan bagian dari kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang peruntukannya sebagai blok pemanfaatan seluas 24,79 ha tepatnya di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tempat wisata ini berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut dengan topografi datar, landai dan curam. Pada areal datar dan landai banyak dijumpai sarana dan prasarana kegiatan pariwisata alam diantaranya kolam pemandian air panas, outbound dan camping ground. Pemandian air panas  mempunyai suasana yang sejuk dan cukup nyaman karena lebatnya pepohonan yang mengitari jadi terlihat asri dan permai.

Pengunjung yang beruntung dapat  juga  melihat bermacam-macam fauna yang hidup liar di area hutan ini seperti  Lutung Jawa. Tidak hanya itu, disana terdapat gua – gua dari peninggalan penjajahan negara Jepang yaitu pada sekitar tahun 1942 sampai dengan tahun 1945. Kedalaman goa jepang ini tidak terlalu dalam, bisa disebut juga dengan dangkal, karena kedalamannya hanya sekitar kurang lebih 10 meter kedalamannya. Untuk mencapai gua tersebut dibutuhkan sekitar 30 menit dari pemandian air panas cangar dengan berjalan kaki.

Sumber : Mugiharto HP , S.Hut., M.Si. - PEH Muda Direktorat PIKA

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini