Road To HKAN 2024: Belajar Konservasi Alam di SMPN 3 Lumban Lintong

Kamis, 01 Agustus 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Pemaparan oleh narasumber

Lumban Lintong, 1 Agustus 2024. Masih dalam rangkaian Road To HKAN 2024, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resot Suaka Margasatwa (SM) Dolok Surungan III pada Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung melaksanakan kegiatan Belajar Konservasi Alam di SMP Negeri 3 Lumban Lintong , Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba, salah satu sekolah yang berada di sekitar kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM.) Dolok Surungan, pada Selasa 30 Juli 2024.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan kawasan Suaka Margasatwa (SM.) Dolok Surungan, mengedukasi pelajar mengenal kawasan hutan dan fungsinya yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia serta mengenalkan jenis satwa dan tumbuhan yang dilindungi di Indonesia dan khususnya di Sumatera Utara, agar generasi muda peduli dan mencintai alam dan lingkungan sekitarnya sedini mungkin.

Rangkaian kegiatan belajar Konservasi Alam ini berupa pemaparan materi oleh narasumber Kepala Resort SM. Dolok Surungan III, Onto Sianipar, beserta staf Irawan Lumban Gaol (Polhut Pemula) tentang Fungsi Hutan dan Konservasi Sumber Daya Alam, serta Mengenal Satwa Liar. Untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan dan pengenalan para pelajar terhadap satwa liar, narasumber memberikan games (permainan) yaitu Mengklasifikasikan Satwa Liar Kedalam Kelompok Dilindungi atau Tidak Dilindungi. Melalui games ini  pelajar diperkenalkan beberapa jenis satwa liar yang dilindungi serta pertimbangan penetapan status dilindungi. 

Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan hadiah bagi pelajar yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kepala Resort SM. Dolok Surungan III menyampaikan pesan dan semangat kepada para pelajar untuk belajar bersungguh-sungguh dalam meraih cita-cita dan menghimbau/mengajak untuk saling tolong menolong menjaga dan menyelamatkan alam demi masa depan yang lebih baik.

Sumber : Irawan Lumban Gaol (Polhut Pemula) – Balai  Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini