In Class GYM Angkatan II Berakhir

Kamis, 25 Juli 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Ecoprint karya peserta GYM Angkatan II Simpul Belajar BBKSDA Sumatera Utara

Medan,  24 Juli 2024. Setelah menjalani proses pendidikan dengan materi kelas (In Class) di seluruh simpul belajar di Indonesia, selama 6 (enam) hari dari tanggal 15 s.d 20 Juli 2024, akhirnya kegiatan Green Youth Movement (GYM) Angkatan II berakhir pada Sabtu, 20 Juli 2024. 

In class merupakan proses tahapan awal pengenalan materi mengenai isu lingkungan hidup. Peserta dibekali dengan pengetahuan dari berbagai narasumber yang professional, dan model pembelajaran pun dikemas semenarik mungkin dengan mengkolaborasikan/mengkombinasikan pemaparan materi dengan praktek, sehingga peserta dapat dengan mudah memahaminya dan mempraktekkannya. 

Balai Besar KSDA Sumatera Utara salah satu simpul belajar yang mendapat kepercayaan untuk kedua kalinya menyelenggarakan GYM. Bahkan di GYM Angkatan I (pertama), Green Ambasador utusan simpul belajar Balai Besar KSDA Sumatera Utara, M. Rafif Rahim Lubis, terpilih sebagai salah satu dari 20 Green Ambasador terbaik dari seluruh Indonesia yang mendapat kehormatan bertemu langsung dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. 

Sebelum acara penutupan, peserta menerima materi dan belajar tentang cara membuat inovasi hijau yang keren. Narasumbernya adalah  Tieninghtyas Andrijani yang merupakan owner Ecoprint Ramban Kayu. Peserta melakukan praktek pembuatan ecoprint dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bersumber dari lingkungan sekitar, seperti daun-daunan dan bunga-bungaan.


Akhirnya waktu itu pun tiba, seluruh rangkaian kegiatan in class GYM Angkatan II berakhir dan secara resmi ditutup oleh Ketua Institut Hijau Indonesia Chalid Muhammad, mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam arahannya, Chalid mengapresiasi seluruh simpul belajar dan Green Heroes yang sudah dengan bersemangat dan sungguh-sungguh mengikuti seluruh kegiatan in class selama 6 hari. Chalid juga mengajak green heroes sebagai harapan masa depan Indonesia untuk melakukan hal-hal yang kecil namun berdampak besar bagi kehidupan.

“Bukan tidak mungkin suatu saat nanti Presiden Republik Indonesia maupun Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan berasal dari Green Ambasador yang sudah mengikuti program GYM,” ujar Chalid menginspirasi seluruh peserta. 

Usai penutupan Panitia Simpul Belajar Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengumumkan 5 terbaik hasil penilaian dari Tim Panitia dan Fasilitator Balai Besar KSDA Sumatera Utara atas partisipasi, karakter, keaktifan dan kreatifitas dari 20 orang peserta selama berlangsungnya proses pembelajaran. Ke 5 terbaik tersebut masing-masing :  Terbaik I Fahri Al Kahfi (MAN 1 Medan), terbaik II Almira Chandra Kirana Nasution (SMA Negeri 4 Medan), terbaik III Alfajar Adwie Fahlevi (SMA Negeri 4 Medan), terbaik IV Saufi Aulia (SMA Negeri 13 Medan) dan terbaik V Lidia Fedora Elizabeth Manik (SMA Negeri 13 Medan). Selesai mengikuti kegiatan in class, selanjutnya green heroes akan mengikuti  pendalaman melalui kegiatan mentoring selama 8 pekan dan diakhir program akan diwisuda sebagai Green Ambasador oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada bulan September 2024.

 

5 (lima) terbaik GYM Simpul Belajar Balai Besar KSDA Sumatera Utara menerima hadiah dari Panitia

Sumber : Evansus Renandi Manalu (Analis Tata Usaha) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini