Lokalatih Kader Konservasi Binaan Balai TN Gunung Rinjani

Rabu, 24 Juli 2024 BTN Gunung Rinjani

Mataram, 24 Juli  2024. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), pada tanggal 20-21 Juli 2024 menggelar Pembinaan Kader Konservasi di Destinasi Wisata Alam Non Pendakian Otak Kokoq Joben, Resort Tetebatu,  Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II, binaan Balai TNGR. 

Kegiatan ini untuk menumbuhkan kolaborasi dan kerjasama antar para anggota Kader Konservasi yang dihadiri oleh Kepala SPTN Wilayah II, Ibu Lidia Tesa Vitasari Seputro S.Si, M.T., M.M.G. mewakili Kepala Balai TNGR.

Dalam pembukaannya, Beliau menyampaikan bahwa Kader Konservasi merupakan Mitra BTNGR sebagai perpanjangan tangan kepada masyarakat luas dalam rangka mewujudkan keberhasilan pengelolaan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Rangkaian kegiatan ini terdiri dari Penyampaian materi mengenai Capaian dan Tantangan Pengelolaan TNGR serta Peluang Kontribusi Kader Konservasi dan Pengenalan Tumbuhan Edible di dalam Kawasan Hutan yang disampaikan oleh Muhammad Faisyal, PEH Ahli Madya BTNGR; Penyusunan Kepengurusan dan Program Kerja Kader Konservasi selama 2 tahun kedepan yang dipandu oleh Bapak Supriyanto, Kepala Resort Tetebatu; Kampanye Peduli Satwa dan Lingkungan kepada pengunjung di Destinasi Otak Kokoq Joben; dan Penyerahan Sertifikat dan Kartu Tanda Anggota Kader Konservasi.

Ketua terpilih Kader Konservasi BTNGR yaitu Andriansyah dari Sahabat Pecinta Alam Rinjani memiliki Program Kerja yang akan dilakukan dalam jangka waktu 2 tahun (2024 s.d 2026) yaitu Jambore Konservasi, Penguatan Kelembagaan, Peningkatan Kapasitas SDM, serta Sosialisasi dan Kampanye Konservasi.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini