Kapolres Simalungun Sambangi TWA Dolok Tinggi Raja

Selasa, 23 Juli 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Dolok Tinggi Raja, 23 Juli 2024. Dalam kunjungan kerja Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., ke Polsek Silau Kahean pada Jumat 19 Juli 2024, Kapolres menyambangi kawasan Taman Wisata Alam Dolok Tinggi Raja selain untuk memantau kondisi keamanan juga menikmati keindahan kawasan wisata alam tersebut. Dalam kunjungan ini Kapolres didampingi Kabag OPS Polres Simalungun KOMPOL Martua Manik, SH, MH, Kabag SDM Polres Simalungun KOMPOL Gandhi Hutagaol, SH, Kasiwas Polres Simalungun AKP Robert Santoni Purba, Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Ghulam Yanuar Lutfi, S.T.K, S.I.K, M.H, Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Hengky B. Siahaan, SH, Kasat Intel Polres Simalungun IPTU Julvan Purba, SH, Kasi Propam Polres Simalungun AKP Gomgom Silaen beserta Kapolsek Silau Kahean IPTU Parlaungan Pane. 

Kehadiran Kapolres disambut Kepala Resort CA./TWA. Dolok Tinggi Raja Gibran Muhammad Tri Rahmawan dan beberapa staf Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar yang pada saat bersamaan sedang melaksanakan tugas di wilayah kerja Resort CA./TWA. Dolok Tinggi Raja. Kapolres dan pejabat jajaran Polres Simalungun menikmati  kawah putih dan kawah biru Dolok Tinggi Raja sembari bertanya kepada petugas tentang sejarah  kawasan. 

Sebagaimana diketahui  kawasan TWA Dolok Tinggi Raja merupakan kawasan konservasi yang pada awalnya merupakan bagian dari kawasan CA Dolok Tinggi Raja, yang ditunjuk sebagai Natuurmonument berdasarkan Surat Keputusan Kepala-kepala Pemerintahan Daerah/Raja-raja di Simalungun (Zelfbestuurbesluit van de Inlandsch Zelfbesturen in Simalungun) No. 24 tanggal 18 April 1924. Perubahan fungsi atas kawasan ini dikarenakan tingginya tingkat kunjungan masyarakat lokal maupun luar daerah Silau Kahean pada obyek umbul air belerang. Yang menjadi daya tarik pada kawasan ini adalah kawah putih dan kawah biru yakni umbul air panas belerang yang keluar dari dalam tanah mengalir pada bebatuan dan kemudian mengendap menjadi tumpukan bukit belerang. Keindahan inilah yang menarik minat pengunjung untuk menikmatinya serta merasakan kehangatan air panas belerang yang oleh beberapa orang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit. 

Kapolres beserta jajarannya merasa puas menikmati keindahan kawasan TWA Dolok Tinggi Raja serta mendapatkan penjelasan dari petugas tentang sejarah kawasan. Kapolres juga menghimbau agar petugas dan masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan sehingga pengunjung bisa menikmati kegiatan wisata di kawasan tersebut. Sebelum mengakhiri kunjungan Kapolres berswafoto dengan petugas Resort CA./TWA. Dolok Tinggi Raja.  

Sumber : Gibran Muhammad Tri Rahmawan (Kepala Resort CA./TWA. Dolok Tnggi Raja) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini