Aksi Cinta Alam GYM & SSD di Kampung Penyu Tanjung Sumingi

Senin, 22 Juli 2024 BTN Taka Bonerate

Kampung Penyu - Kepulauan Selayar, 21 Juli 2024. Setelah 6 hari menerima materi in class, hari minggu (21/07) peserta Green Youth Movement (GYM) Simpul Belajar Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate (angkatan 1 dan 2) menerima undangan dari Komunitas Selam Sileya Scuba Divers (SSD) untuk bergabung giat aksi konservasi Bersih Pantai dan Silaturahim di Kampung Penyu, Tanjung Sumingi Kepulauan Selayar.

Giat bersih pantai saat-saat ini moment yang tepat di Pantai Barat Daratan Selayar, seperti kondisi saat ini di Kampung Penyu, sampah plastik menumpuk yang 90 persen merupakan sampah kiriman dari berbagai daerah, bahkan dari negara tetangga. Sesuai kumpulan sampah plastik yang sekarang dikumpulkan oleh Green Youth Movement Simpul Belajar TN Taka Bonerate dan Sileya Scuba Divers.

Aksi bersih pantai untuk generasi muda ini sebagai pendidikan lingkungan guna meningkatkan kesadaran generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan dampak negatif sampah terhadap ekosistem laut.; tanggung jawab sosial untuk membentuk rasa tanggung jawab dan kepedulian sosial terhadap lingkungan; memberikan aktivitas positif untuk menyediakan kegiatan positif yang melibatkan mereka dalam aksi nyata; pemberdayaan guna mendorong generasi muda untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan kesehatan dan kesejahteraan yang meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi.

"Setelah kami mengikuti in class kemarin (20/07), giat semacam ini sangat penting selain sebagai pendidikan lingkungan juga sebagai tanggung jawab sosial terhadap lingkungan tempat tinggal kami," Jawab Daus salah satu peserta GYM Simpul Belajar TN Taka Bonerate utusan MAN Kepulaun Selayar.


Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan sebanyak 15 karung dengan berat sekitar 200an kilogram, selain itu area yang dibersihkan merupakan daerah peneluran penyu sehingga nanti diharapkan bisa mempermudah penyu naik bertelur.

Kepala Balai TN Taka Bonerate Ali Bahri berharap Balai TN Taka Bonerate agar menjadi pelopor dan penggerak untuk kebersihan pantai di Kepulauan Selayar.

Dipenghujung kegiatan ditutup dengan pelepasan 130 tukik jenis lekang dan sisik serta makan siang bersama mempererat silaturahim antar sesama komunitas pecinta lingkungan.

Sumber: Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini