Kelola Sampah Plastik Dengan Asik

Jumat, 28 Juni 2024 BTN Gunung Rinjani

Lombok Utara, 28 Juni 2024. Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilyah I, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Teknik Kelompok Masyarakat, Rabu (26/6), di Villa Bambu Resto Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Hj. Ida Tirtasari sebagai penggiat dan pengrajin sampah, Indriyatno, S.Hut., M.P. yang merupakan Dosen Kehutanan Unram, serta Bank Sampah Edelweis Senaru yang merupakan kelompok pemerhati sampah plastik (ibu Resi Budiana dan team).

Kegiatan ini juga diikuti oleh 3 kelompok Pengelola Sampah Jalur Pendakian Resort Senaru, Resort Torean dan Resort Aikberik serta Kepala Desa Senaru, kepala Desa Aik Berik dan Kepala Desa Loloan.


Peningkatan kapasitas kelompok ini merupakan upaya yang akan tetap dilakukan untuk menghadapi semakin meningkatnya penggunaan sampah plastik dalam beberapa tahun ini. Selain mengurangi penggunaan plastik, daur ulang juga menjadi komponen penting dalam pembinaan sampah plastik. Daur ulang membantu mengurangi volume sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir atau di lautan.

Dengan dilakukannya peningkatan kapasitas kelompok ini diharapkan untuk mampu menumbuhkan kesadaran dan kreatifitas, karena penggunaan kembali sampah plastik tidak hanya membawa manfaat lingkungan secara signifikan, tetapi juga menciptakan potensi untuk inovasi, kreatifitas, dan nilai ekonomi tambahan.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini