Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Kemitraan Konservasi TWA Pelaihari “KTH TANI LESTARI”

Selasa, 04 Juni 2024 BKSDA Kalimantan Selatan

Pelaihari, 27 Mei 2024 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Kemitraan Konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Pelaihari “KTH TANI LESTARI” di Resort TWA Pelaihari, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Pelaihari, Tanah Laut. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Kemitraan Konservasi merupakan Agenda Rutin Tahunan BKSDA Kalimantan Selatan yang dilakukan pada KTH Binaan Resort TWA Pelaihari yang dihadiri Debi Imam Saputra, S.Hut. selaku perwakilan Kepala Seksi Wilayah 1 Pelaihari, Seluruh Staf SKW I Pelaihari, Sulyo dan Hartono sebagai Pemateri dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Sirajudin dan H.Darlani sebagai Perwakilan Kecamatan Pelaihari, Ketua dan Anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Tani Lestari, serta beberapa perwakilan Desa setempat.


Dalam Pelatihan yang dimoderatori oleh Ahmad Fauzan, S.Hut. selaku Penyuluh Kehutanan SKW 1 Pelaihari, ada 2(dua) materi yang disampaikan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP). Sesi pertama diisi oleh Sulyo dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pelaihari dengan materi “Budidaya Semangka Non Biji dan pemasarannya”. Sesi Kedua diisi oleh Hartono dengan materi “Budidaya Tanaman Cabai”.


Peserta KTH sangat antusias pada saat mendengarkan penyampaian materi yang sedang berlangsung, dan diakhir sesi diberikan kesempatan tanya jawab terkait materi atau permasalahan yang sedang dihadapi KTH Tani Lestari. 

Dalam arahannya Plt. Kapala Balai KSDA Kalsel Suwandi, S.Hut., M.A. mengatakan dengan adanya Kemitraan Konservasi, masyarakat bisa membantu upaya pelestarian hutan, karena masyarakat merupakan pihak yang menjadi ujung tombak dalam upaya pelestarian kawasan hutan. Dengan dilaksanakannya Pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas KTH dalam memajukan kegiatan kelompoknya serta mempererat hubungan kemitraan dengan BKSDA Kalimantan Selatan. (Ryn)

Sumber: Revina Rizqidia E. S., S.Hut. - Penyuluh SKW I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini