BTN Gunung Merapi Gandeng Wirausahawan Tingkatkan Kapasitas Kelompok Binaan

Jumat, 31 Mei 2024 BTN Gunung Merapi

Klaten, 30 Mei 2024. Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali menyelenggarakan pendampingan masyarakat kelompok tani hutan di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Kamis (30/5).

Sasaran pendampingan adalah Kelompok Pengelola Wisata Kalitalang, dengan salah satu tujuan berupa peningkatan kapasitas kelompok khususnya bidang pengelolaan pariwisata alam. 

Narasumber yang diundang yakni Bapak Wiryawan (Pemilik Medjora Cafe, Kabupaten Karanganyar). Selain itu turut hadir pula Sekretaris Desa Balerante dan Ketua Bumdes Balerante.


Narasumber menekankan bahwa dalam pengelolaan wisata alam oleh masyarakat diperlukan strategi dari perencanaan, promosi, manajemen operasional, serta pengelolaan keuangan yang akuntabel.

Sekretaris Desa Balerante mengapresiasi pendampingan kelompok. Harapannya dapat memberikan kemajuan yang positif bagi kelompok dan Desa Balerante. 

Kepala Balai TNGM melalui Plt. Kepala SPTN Wilayah II menyampaikan bahwa pendampingan kepada Kelompok Pengelola Wisata Kalitalang adalah upaya BTNGM menyiapkan masyarakat dalam kegiatan wisata alam yang sejalan dengan kaidah konservasi, sehingga kedepannya dapat bermanfaat untuk kawasan TNGM dan masyarakat.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini