Patroli Bersama MMP Kerapu Macan Jinato dan Implementasi Pengumpulan Data Berbasis Digital di Resort Lantigiang

Kamis, 30 Mei 2024 BTN Taka Bonerate

Pulau Jinato - Kepulauan Selayar, 30 Mei 2024. Dari tanggal 23 sd. 27 Mei 2024 tim Resort Lantigiang, Balai Taman Nasional Taka Bonerate bersama dengan MMP (Masyarakat Mitra Polhut) Kerapu Macan Desa Jinato, patroli bersama menyisir wilayah kerja Resort Lantigiang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 2 Jinato. Patroli ini memantau aktivitas nelayan dan zonasi tempat nelayan beraktifitas sebagai bentuk pencegahan tindak ilegal dan patroli ini juga merupakan implementasi hasil kegiatan optimalisasi peningkatan kapasitas personil resort bersama MMP pengumpulan data berbasis digital. 

"Di perairan Taka Totoke di temukan 4 kapal nelayan diduga menggunakan kompresor untuk menyelam, pada saat hendak didekati, kapal pelaku sudah melarikan diri," Jelas Kares (Komandan Resor) Lantigiang Dadang Hermawan 


Tim kemudian melanjutkan patroli mencatat perjumpaan satwa berupa Penyu Hijau, Sisik, Jejak Penyu di Pulau Lantigiang. Data titik, Jenis Satwa dan track patroli dicatat secara digital pada alat spasial Smart Patrol di Handphone personil. Pelibatan masyarakat dalam patroli bersama ini untuk Peningkatan Kesadaran Lingkungan ; Mendidik masyarakat tentang pentingnya konservasi dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam melestarikan lingkungan; Pemberdayaan Masyarakat Lokal : Melibatkan masyarakat lokal dalam kegiatan konservasi, sehingga mereka merasa memiliki tanggung jawab dan manfaat langsung dari upaya pelestarian; Pengumpulan Data secara Smart : Dengan giat Smart Patrol ini, masyarakat diajarkan mengumpulkan data tentang kondisi ekosistem, populasi satwa, dan ancaman yang ada secara digital melalui Smart Phone untuk pengambilan keputusan dalam konservasi; dan Penguatan Keamanan Kawasan Konservasi : Meningkatkan keamanan dan ketertiban di kawasan konservasi untuk memastikan keberlanjutan ekosistem.

"Melalui patroli Smart bersama masyarakat dan petugas di tingkat tapak ini, merupakan upaya pelestarian lingkungan dapat lebih efektif karena melibatkan partisipasi aktif dan dukungan dari lapisan masyarakat desa dan dengan pencatatan secara digital," jelas Hidayat sapaan akrab Kepala SPTN Wil. 2 Jinato.

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Teks & Foto : Dadang Hermawan - Polhut Resor Lantigiang SPTN Wil. 2 Jinato

Editor : Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini