Wisuda Ranger Goes to School (RGTS) Tahun 2024

Kamis, 30 Mei 2024 BTN Komodo

Labuan Bajo,  27 Mei 2024. Program Ranger Goes to School (RGTS) Tahun 2024 telah rampung dilaksanakan selama satu semester mulai tanggal 08 Januari – 26 Mei 2024. Menutup pelaksanaan program RGTS Tahun 2024, Balai Taman Nasional Komodo menyelenggarakan kegiatan wisuda RGTS Tahun 2024 bertempat di Aula SMKN 1 Labuan Bajo sebagai bentuk apresiasi bagi para guru dan siswa yang telah menyelesaikan rangkaian program pendidikan  konservasi  unggul  di bumi Nusa  Tenggara  Timur.  Giat  wisuda  RGTS  ini  juga dimanfaatkan sebagai kesempatan yang langka dimana para guru, siswa, dan para pengajar RGTS dapat berinteraksi satu dengan yang lain memperat rasa kekeluargaan dan hubungan kepercayaan. Giat wisuda RGTS Tahun 2024 diikuti oleh seluruh siswa RGTS dari SMKN 1

Labuan Bajo dan perwakilan siswa berpretasi dari SMK Stella Maris Labuan Bajo dan SMA Lentera Harapan Labuan Bajo. Seluruh peserta RGTS dari SMKN 1 Labuan Bajo dan SMK Stella Maris Labuan Bajo merupakan siswa dari program studi Usaha Layanan Pariwisata (ULP), sementara peserta RGTS dari SMA Lentera Harapan Labuan Bajo merupakan siswa dari program studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIA) dan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS).

Koordinator Program RGTS Tahun 2024, Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda) melaporkan pencapaian kegiatan RGTS Tahun 2024 dihadapan Kepala SPTN Wilayah III, Judy Aries Mulik, yang mewakili Kepala Balai Taman Nasional Komodo. “Program RGTS telah berhasil memberikan pengajaran kepada + 1500 siswa selama tiga tahun terakhir sejak tahun 2022. RGTS juga telah dikumandangkan pada berbagai forum internasional meliputi Malaysia (2022), Jerman (2022), Korea Selatan (2023), dan Singapura (2024). Program tersebut mendapatkan respon positif dari negara-negara sahabat dan sebagian ingin mengadopsi kurikulum programnya. Saya bangga bisa menjadi inisiator dan bagian penting dalam perjalanan program RGTS”, pungkas Ikbal saat penyampaian laporannya kemarin.

Menyambut laporan pencapaian program, Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Perwakilan Kepala SMK Stella  Maris  Labuan Bajo,  dan  Kepala  SMA  Lentera  Harapan  Labuan Bajo  mengapresiasi kontribusi program RGTS bagi para siswa-siswi di sekolah dan memuji kegigihan dan kinerja para guru dalam program RGTS Tahun 2024.

“Peserta didik kami sekarang lebih mengenal dekat Taman Nasional Komodo dalam kesehariannya. Saya rasa hal tersebut sangatlah baik”, ujar Viktoria Timung Wulang, Kepala SMKN 1 Labuan Bajo. Ungkapan senada juga disampaikan oleh Kwintus Dapil selaku perwakilan dari SMK Stella Maris Labuan Bajo terhadap pencapaian program  RGTS  di  sekolahnya.  Sambutan  pamungkas  yang  disampaikan  oleh  Kepala  SMA Lentera Harapan Labuan Bajo turut menekankan apreasiasi atas upaya para pengajar RGTS dalam  mencerdaskan  generasi  muda di Kabupaten  Manggarai  Barat mengenai  pendidikan konservasi, utamanya Taman Nasional Komodo. “Saya awalnya ragu apakah program RGTS ini bisa dilaksanakan di SMA karena kami sudah memiliki kurikulum pembelajaran yang baku. Namun, Saya pikir program RGTS ini sangat bagus untuk menambah peminatan dan wawasan konservasi bagi peserta didik kami yang mayoritas merupakan generasi muda asli dari Labuan Bajo” ujar Meildy Louisa Kese.

Pada giat wisuda RGTS Tahun 2024 ini, siswa yang berprestasi memperoleh sertifikat penghargaan dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo. Prestasi ini ditentukan berdasarkan perolehan nilai ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS) dari masing-masing peserta didik. Selain siswa berprestasi, guru-guru yang berjasa dalam program RGTS turut mendapatkan sertifikat penghargaan dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo. Sementara untuk  seluruh  siswa  yang  mampu  menyelesaikan  rangkaian  program  RGTS  Tahun  2024 mendapatkan sertifikat apreasiasi yang dapat digunakan sebagai modal sosial pendukung untuk keperluan pencarian beasiswa atau pendaftaran ke perguruan tinggi saat tamat sekolah nanti.

Sertifikat kelulusan tersebut diberikan oleh Judy Aries Mulik (Kepala SPTN Wilayah III) dan Agustinus Djami Koreh (Penyuluh Kehutanan Ahli Madya) kepada seluruh guru dan peserta didik yang hadir kegiatan wisuda RGTS 2024. Selain sertifikat apresiasi, para siswa berprestasi dari SMKN 1 Labuan Bajo dan SMK Stella Maris Labuan Bajo turut mendapatkan kesempatan diterima dalam program magang Junior Park Ranger (JPR) Balai Taman Nasional Komodo Tahun 2024/2025 selama maksimal enam bulan terhitung mulai Bulan Juli – Desember 2024.

Wisuda RGTS 2024 sangat meriah karena turut dihadiri oleh Staf West LSMU IN-FLORES, Fajra Fahran Ekadj dan Yudha Pamungkas, dan Kader Konservasi Taman Nasional Komodo Tingkat Pemula yang turut memberikan pesan dan kesan saat menjadi peserta didik RGTS Tahun 2023.

“Program RGTS Tahun 2023 telah memberikan dampak yang luar biasa kepada hidup Saya baik di sekolah maupun di rumah. Melalui RGTS, Saya dapat diterima magang di Balai TN Komodo, menjadi Green Youth Ambassador SB Taman Nasional Komodo, dan membuat Saya diterima bekerja sebagai naturalist guide di Koperasi Serba Usaha Taman Nasional Komodo”, ujar Nabil, alumni RGTS 2023 dan Kader Konservasi Taman Nasional Komodo.

Lebih lanjut, Farhan dan Yudha dari Proyek IN-FLORES berkomitmen mendukung pelaksanaan program RGTS Tahun 2025 dengan membantu Balai Taman Nasional Komodo mewujudkan program RGTS sebagai muatan lokal wajib bagi seluruh SMA/SMK/MA di Kabupaten Manggarai Barat. Generasi muda yang berwawasan konservasi akan menjadi modal sosial dan kapital yang kuat bagi lestarinya keanekaragaman hayati dan ekosistem di Taman Nasional Komodo.

Sumber: Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Hendrikus Rani Siga, S.Hut., M.Sc. (+6281353363519)

Penulis Berita: West Flores Landscape-Seascape Coordinator (WLSC) IN-FLORES Fajra Farhan Ekadj (+6285817585762)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini