Giat FGD Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Rabu, 29 Mei 2024 BBKSDA Sumatera Utara

FGD dipandu Fasilitator Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, M.P

Sipirok, 27 Mei 2024. Bertempat di kantor Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, Jumat (17/5), dilaksanakan FGD (Focus Group Discusssion) Penyusunan Dokumen Rencana Pemberdayaan Masyarakat (FGD RPPM) lingkup Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, Balai Besar KSDA Sumatera Utara (BBKSDA Sumut). FGD ini berfokus  untuk memperoleh bahan data dan informasi dalam rangka penyusunan dokumen rencana pemberdayaan masyarakat dari para  petugas pengelola ditingkat Resort/Seksi/Bidang Wilayah, masyarakat/kelompok masyarakat, Kepala Desa yang ada di  sekitar kawasan konservasi dan mitra kerja Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan.  

FGD juga dimaksudkan untuk menyusun kerangka perencanaan yang komprehensif terkait penyelenggaraan dan pengembangan pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dengan rencana pengelolaan kawasan  dan rencana makro lainnya lima tahun kedepan, yang dihadiri 30 orang peserta.

Giat FGD  dipimpin dan dipandu oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang Suyono, SH, M.Si  didampingi Tim Kerja Pemberdayaan Masyarakat Balai Besar KSDA Sumatera Utara Samuel Siahaan, SP. Sedangkan untuk memberi masukan dalam penyusunan RPM dipandu oleh fasilitator Prof. Dr. Ir. Abdul Rauf, M.P.  Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.


FGD dibagi menjadi 6 kelompok yang membahas sekaligus menyempurnakan konsep draft RPM masing-masing kawasan konservasi yang sudah disiapkan Tim Kerja Pemberdayaan Masyarakat, masing-masing : Kawasan CA. Dolok Sipirok, CA. Dolok Sibual-buali, SA. Lubuk Raya, TB. Pulau Pini, SM. Barumun dan  TWA. Holiday Resort.  Seluruh peserta antusias memberikan masukan dan pendapat dalam FGD tersebut guna merumuskan rencana dan bentuk pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaannya.  Penyusunan draft Dokumen RPM tetap diupdate sampai dokumen tersebut disahkan sebagai  Dokumen  Rencana Pemberdayaan Masayarakat.

Sumber : Samuel Siahaan (Ketua Tim Kerja Pemberdayaan Masyarakat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini