FPL PALEM Belajar Penyelamatan dan Pengembangan Saninten

Rabu, 22 Mei 2024 BTN Gunung Merapi

Sleman, 21 Mei 2024. Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) menyelenggarakan pendampingan Kelompok Tani Hutan (KTH) sekitar kawasan konservasi di Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Selasa (21/5).  Acara ini diikuti oleh Kelompok Forum Peduli Lingkungan Pecinta Alam Merapi (FPL PALEM) dan perangkat Kalurahan Kepuharjo, dengan narasumber yaitu Dosen dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (Dr. Ir. Sapto Indrioko, S.Hut, M.P, IPU).

Acara dibuka dengan sambutan oleh Lurah Kepuharjo yang menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi terhadap Balai TNGM yang telah mendampingi kelompok FPL PALEM. Dalam sambutannya, beliau juga menyatakan kedepannya akan mendukung kegiatan untuk pengelolaan TNGM.


Dalam pendampingan ini peserta kegiatan menerima materi Penyelamatan dan Pengembangan Saninten (Castanopsis argentea).  Kita ketahui bersama, jenis saninten atau sarangan ini termasuk flora dilindungi dan menjadi prioritas yang perlu untuk dilestarikan.

FPL PALEM sebagai mitra Balai TN Gunung Merapi memiliki perhatian khusus terhadap konservasi jenis. Melalui pendampingan ini diharapkan upaya FPL PALEM memperoleh peningkatan pengetahuan/pemahaman tentang konservasi sarangan yang dilakukan, serta menunjukkan hasil yang optimal.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Balai TNGM menyampaikan bahwa pendampingan adalah hal tidak terpisahkan dari pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi.  Semoga pertemuan ini membawa manfaat maksimal untuk kemajuan aktivitas kelompok dalam upaya penyelamatan dan pengembangan tanaman saninten/sarangan.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi

****


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini