Workshop Pendampingan Kelompok Pengelola Destinasi Wisata Alam Non Pendakian

Selasa, 21 Mei 2024 BTN Gunung Rinjani

Lombok Timur, 21 Mei 2024. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menyelenggarakan Workshop Pendampingan Kelompok Pengelola Destinasi Wisata Alam Non Pendakian Tahun 2024, Selasa (14/5/2024). Workshop ini dilaksanakan di ruang pertemuan PT JOBEN Evergreen Otak Kokok Joben, Kabupaten Lombok Timur. 

Kegiatan Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok pengelola destinasi sekaligus menjadi wadah pembinaan dan sosialisasi aturan oleh petugas Balai TNGR.

Workshop dibuka oleh Kepala SPTN Wilayah II dan dihadiri 25 orang peserta yang berasal dari 14 kelompok pengelola destinasi wisata alam non pendakian di TNGR. Materi workshop berkaitan dengan aktivitas pelayanan wisata yang dilakukan kelompok pengelola destinasi diantaranya materi terkait kebijakan pengelolaan wisata alam di TNGR dan Mekanisme PBPJWA di TNGR yang disampaikan oleh Pokja WCM Balai TNGR, Kebijakan Pengelolaan Wisata Alam di Kabupaten Lombok Timur oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Lombok Timur, Penerapan Aplikasi eRinjani pada Destinasi Wisata Alam Non Pendakian oleh Direktur CV Sasambo Solusi Digital dan Pembuatan Bahan Promosi (Fotografi dan Videografi) oleh Geopark Rinjani Lombok.

Setelah penyampaian materi workshop dilanjutkan dengan diskusi, berbagi pengalaman dan kendala yang dihadapi oleh kelompok pengelola destinasi. Kegiatan workshop ini diharapkan dapat berkontribusi untuk menambah informasi, keterampilan serta kemampuan kelompok pengelola destinasi guna mewujudkan pengelolaan destinasi wisata alam non pendakian yang semakin baik kedepannya.

Sebagai informasi saat ini TNGR memiliki 21 destinasi wisata alam non pendakian dan 14 diantaranya telah dilakukan pemungutan PNBP oleh petugas Balai TNGR dengan dibantu oleh Pokdarwis/kelompok binaan. Selain membantu proses pemungutan PNBP, Kelompok juga membantu menjaga kebersihan Destinasi sekaligus menawarkan paket perjalanan wisata termasuk jasa pemanduan kepada wisatawan.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini