SMK Penerbangan Medan “Landing” di TWA Sibolangit

Senin, 20 Mei 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Sambil belajar sambil menikmati keindahan TWA Sibolangit

Sibolangit, 20 Mei 2024. Suasana berbeda pagi itu, Sabtu 18 Mei 2024, tampak terlihat di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, manakala serombongan anak muda memasuki kawasan wisata alam tersebut. Usut punya usut, ternyata rombongan ini berasal dari SMK Manajemen Penerbangan Medan yang dikelola Yayasan Citra Darma Riau, sedang “landing” di TWA Sibolangit. Lengkap dengan uniform (seragam) dan atribut, layaknya pilot dan pramugari/pramugara, 33 orang siswa/siswi bersama guru pendamping sedang melaksanakan study tour yaitu berwisata sekaligus belajar tentang konservasi alam TWA Sibolangit.

Kunjungan ini menjadi langka, mengingat selama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, mereka dijejali/dibekali dengan ilmu pengetahuan teknis dan praktis tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia penerbangan. Namun ini kemudian menjadi menarik karena belajar sesuatu yang baru, yang belum pernah didapatkan saat dibangku sekolah SMK Manajemen Penerbangan, setidaknya itulah yang terpancar dari raut wajah mereka. 

Selama di kawasan TWA Sibolangit, dengan didampingi Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit beserta staf, siswa/siswi mendapatkan penjelasan tentang keberadaan kawasan TWA Sibolangit beserta dengan potensi yang ada baik flora, fauna maupun potensi wisatanya. Selain itu, berkesempatan juga mengelilingi kawasan dan melihat langsung Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit sebagai tempat perawatan sekaligus tempat rehabilitasi sementara satwa-satwa hasil penyerahan masyarakat maupun dari hasil penanganan tindak pidana oleh aparat penegak hukum, sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya. 

Beberapa dari peserta  mengajukan pertanyaan-pertanyaan pendalaman dan oleh petugas diberi penjelasan. Sampai akhirnya tak terasa waktu berkunjung pun  berakhir, siswa/siswi bersama guru pendamping merasa puas. Sebelum melanjutkan perjalanan perwakilan dari rombongan menyampaikan terima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh petugas dan berjanji akan mengagendakan kembali kunjungan ke TWA Sibolangit. 

Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini